Hidroponik sistem rakit apung sederhana

Hidroponik sistem rakit apung sederhana

Ada beberapa sistem hidroponik yang lazim digunakan dalam budidaya tanaman secara hidroponik, anda bisa memilih menanam tanaman seperti caisim, pakcoy, lettuce, bayam dan juga kangkung menggunakan sistem rakit apung ini. Kenapa sistem tanamnya dinamakan rakit apung? karena prinsipnya seperti rakit apung, tanaman berada di atas rakit yang biasanya menggunakan stereoform diatas larutan nutrisi.

sejarah hidroponik

Sejarah hidroponik rakit apung ini dipercaya telah dilakukan oleh suku aztec. DI abad 10 dn 11 suku aztec telah becocok tanam dengan prinsip hidroponik rakit apung ini , anda bisa lihat ilustrasi gambar diatas.  Nah ternyata memang dari dulu kreatifitas orang untuk berhidroponik telah ada, bedanya dulu orang menanam seperti ini adalah cara mereka untuk bisa bertahan hidup karena tidak bisa menanam tanaman di rawa pantai.

Pada prinsipnya sistem rakit apung sederhana bisa dibuat menggunakan bak kayu atau ember persegi yang cukup besar, potong steroform sesuai besar bak yang digunakan, ukur supaya stereoform bisa masuk ke dalam bak yang kita buat. untuk prinsip dasarnya anda bisa liat di :

water culture

 

Airstone diletakkan di larutan nutrisi agar oksigen terlarut dalam larutan nutrisi tercukupi dengan baik, akar mendapatkan cukup oksigen.

alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk menanam secara hidroponik rakit apung sederhana ini:

Alat hidroponik rakit apung sederhana:

1. Cutter

2. pembolong stereoform

3. tray semai

4. tusuk gigi / pinset

5. pemotong rockwool ( bisa gergaji besi / pisau roti )

bahan hidroponik rakit apung sederhana :

1. bak persegi bisa dari kayu atau ember plastik

2. Setereoform tebal 3 cm

3. aerator

4. netpot

5. media tanam ( rockwool misalnya )

6. benih

7. nutrisi hidroponik

Siapkan alat dan bahan seperti diatas dan mulailah merangkai seperti gambar diatas, Pertama siapkan alat alatnya dan juga bahannya. Jika semua alat dan bahan sudah siap anda bisa memulai. Ukur bak persegi , setelah diukur panjangg lebarnya maka potong steoform lebih kecil dari bak persegi tadi, yang penting stereoform bisa masuk kedalam bak. Buat larutan stok nutrisi hidroponik, jika sudah siapkan larutan nutrisi kedalam bak penampung.

semai benih menggunakan rockwool, jika daun sudah mulai tumbuh dengan daun 3-4 anda bisa mulai memindah tanaman ke dalam sistem rakit apung sederhana ini. Jangan lupa gunakan aerator di dalam bak larutan nutrisi hidroponik untuk memenuhi kebutuhan oksigen terlarut.  rawatlah tanaman dengan penuh suka cita sampai panen.

selamat berkreasi, pengen tahu sistem hidroponik lainnya? anda bisa download ebook teori dasar hidroponik GRATIS!! klik disini

 

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *