cara menanam kangkung hidroponik dalam botol

Suka sayuran terutama kangkung? kangkung merupakan sayuran yang digemari banyak orang, dibuat plecing kangkung menemani gurameh bakar akan terasa nikmat sekali.. hehe jadi ngiler ya.. Kangkung mudah dalam budidayanya dan memiliki umur yang tidak lama, dalam waktu kurang lebih 35 hari kangkung bisa dipanen.

Mau menanam kangkung sendiri dirumah? pake sistem hidroponik kayaknya lebih asyik dan juga lebih bersih. Gimana cara menanam kangkung hidroponik ini? akan kami uraikan cara menanam kangkung hidroponik sederhana menggunakan botol bekas. Menanam hidroponik dengan botol bekas merupakan cara paling sederhana dalam hidroponik. ada banyak sistem dan cara menanam tanaman secara hidroponik. Botol bekas bisa digunakan untuk menanm tanaman hidroponik ini:

1. menyemai benih kangkung

Biasanya dalam semai sayuran paling mudah menggunakan rockwool.potong rockwool kisaran 2x2x2 atau sesuaikan saja. 1 rockwool bisa dikasih benih kangkung sampai 7 benih. rockwool basahi dengan air tusuk menggunakan tusuk gigi sejumlah benih yang akan disemai. jika sudah letakkan benih pada lubang. kangkung biasanya mulai tumbuh 1- hari..

2. pindah tanam ke sistem hidroponik

Jika kangkung sudah berumur kira2 10-14 hari maka kangkung siap dipindahkan ke sistem hidroponik yang telah anda buat.

3. menyiapkan larutan nutrisi hidroponik

Sebelum dipindah ke sistem hidroponik tentu saja anda harus menyiapkan larutan nutrisi hidroponik yang akan digunakan. Untuk kangkung ppm dikisaran 1000, namun awal pindah tanam bisa dikasih dulu 300-500 ppm

4. perawatan

Selalu cek larutan nutrisi PH dan juga PPM, sesuaikan dengan pertumbuhan kangkung.Jika larutan berkurang bisa ditambah larutan nutrisi.

5. panen kangkung hidroponik

Jika kangkung sudah tumbuh lebat anda bisa memanennya, dan silahkan dimasak sesuai selera anda.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *