Cara Menanam cabai dengan sistem sederhana metode genang

Cara Menanam cabai dengan sistem sederhana metode genang

Halo sobat HUS?? gimana kabar hari ini ?? semoga dalam keaadan baiknya. Nah kali ini saya akan menulis step by step bagaimana mulai semai sampai pindah tanam cabai menggunakan sistem sederhana yaitu sistem genang. Seperti apa penampakannya??

Nah sesuai janji kami untuk mengupload cara menanam cabai dengan sistem genang , ini kami buatkan ya.. namun sebelumnya mohon maaf jika kurang detail.. hehe.

Nah gimana sih untuk menanam cabai dengan sistem genang ini ? dibawah ini akan kami sampaikan urutannya :

  1. pemecahan benih

Untuk langkah pertama ini memang ada beberapa teknik , ada yang suka menyemai langsung di rockwool, ada yang bake sebako ada yang pake tissu dulu. Nah kali ini kami lebih memilih menggunakan tissu untuk dormansi benihnya. Jika sudah pecah benih maka ambil dari tissu dan pindahkan ke rockwool..

jadi siapkan tissu , air , tusuk gigik.. rendam benih beberapa saat setelah itu ambil benih dan taruh di tissu yang sudah dibasahi. Jangan terlalu biar benih tidak busuk dan jamuran. Setelah semua benih ditaruh di tissu kemudian masukkan dalam plastik seperti foto diabwah, setelah itu palstik ziplock di tutup. Usahakan setiap pagi atau sore dibuka penutup ziplock sambil cek apakah benih sudah ada yang pecah benih belum,, jika sudah ada bisa dipindahkan ke rockwool. cara semai cabe

cara mudah semai cabai dan tomat

Jika nanti benih sudah ada yang pecah dan keluar akar maka ambil benih yang sudah keluar akar dan masukkan ke lubang rockwool. Untuk lebih detail seperti apa  bisa tonton video dibawah ini.

2. persemaian

Untuk metode ini persemaian menggunakan rockwool ya.. untuk alternatif lain anda bisa gunakan sebako.

3. anakan semai

Hasil semaian umur 10 harian, Jika nanti anakan semai sudah berdaun sejati minimal 2 anda misa menitipkan di gully sayuran. Saya kemarin juga begitu. Nanti ketika sudah akar lumayan banyak dan dikira cabai sudah siap pindah tanam tinggal diambil saja.

semaicabai5

4. pindah tanam

Saat tanaman cabai siap pindah tanam anda perlu membuat sistemnya dulu. Untuk cara ini menggunakan box eskrim yang bulat dan yang kotak. Yang bulat isi 8 liter dan yang kotak isi 5 liter air.

nah untuk bahan yang diperlukan selain box eskrim tentu saja pot dan juga hidroton. Anda bisa lihat pada foto2 dibawah ini. Hidroton yagn bulat warna coklat.

Sebelum dimasukkan kesistem genang sebaiknya anda siapkan larutan nutrisi hidroponiknya ya. Anda bisa buka kemasan Hydrogrow anda.

cara semai cabai


4. perawatan

Rawatlah tanaman sebaik mungkin ya,, supaya nanti berbuah lebat.

semaicabai45. panen

Ketika menanam hal yang paling ditungu tunggu para pecinta hidroponik adalah panen, Nah jika cabai sudah berbuah dan sudah dalam masa panen tentu saja anda boleh memanennya.

Jika anda membutuhkan paket pemula untuk memulai menanam sayuran anda bisa hubungi 081215773352 atau 082300015354 atau  081225091786.