Cara mudah menanam hidroponik seledri di botol bekas step by step

Cara mudah menanam hidroponik seledri di botol bekas step by step

Nah sesuai janji kami di fanpage @hidroponikforall untuk membuat step by step cara mudah menanam seledri mengggunakan botol bekas air mineral. Ini akan kami buatkan ya, kira kira nanti akan seperti contoh dibawah ini untuk hasilnya. Hidroponik botol bekas bisa untuk menanam berbagai jenis sayuran yang anda sukai.

botol bekas

Seledri termasuk sayuran yang tidak mudah dalam awal menyemai, Untuk pemula yang baru belajar semai, seledri tidak direkomendasikan karena butuh waktu yang cukup lama untuk sprout. Namun tetap bisa, asal anda punya kemauan belajar.

Kalo langkahnya sebenarnya hampir sama dengan langkah menanam sayuran hidroponik itu sama.

Semai benih seledri

Yang perlu disiapkan saat semai benih seledri tentu saja benihnya..  Jika anda sudah memiliki benih anda bisa siapkan media tanamnnya. Paling mudah untuk berhidroponik adalah menggunakan media tanam rockwool.

Potong rockwool sesuai kebutuhan .  biasanya kami 2,5×2,5×2,5 atau 1 slab jadi 720 potong, lubangi kisaran 2-3 mm kedalaman. siram dengan air sampai rockwool lembab, usahakan jangan terlalu lembab namun juga jangan terlalu kering. Jika sudah lembab masukkan benih seledri, 1 rw bisa dikasih sampai 20 an benih seledri.

untuk melubangi rockwool anda bia menggunakan alat seperti divideo ini :

buat sistem dari botol bekas

setelah semai anda siapkan alat bahan seperti dibawah ini dan anda bisa membuat sistemnya menggunakan botol bekas..

cara menanam seledri

 

siapkan larutan nutrisi

pindah tanam

rawat dan sayangi

tanaman seperti seledri juga membutuhkan kasih sayang, rawat dan sayangi tanaman anda ya. biar pertumbuhan optimal panen maksimal.

panen

Jika seledri sudah memasuki masa panen silahkan dipanen ya.

seledri hidroponik botol bekas

 

 

Untuk langkah langkahnya seperti diatas ya, untuk keberhasilannya tentu saja tergantung bagaimana anda merawat seledri yang anda tanam. Mau hasill optimal ya beri yang optimal seledri yang anda tanam dengan sistem sederhana ini.