Cara mudah menanam kangkung hidroponik menggunakan bak berlubang

Cara mudah menanam kangkung hidroponik menggunakan bak berlubang

Buat anda yang mau memulai menanam sayuran hidroponik khususnya kangkung, anda bisa mengikuti cara ini. Cara mudah menanam kangkung. Nah seperti apa Menanam kangkung cara sederhana menggunakan bak berlubang ini :

cara menanam kangkung sederhana

Kira-kira penampakan hasilnya akan seperti foto diatas ya. Nah untuk alat bahannya seperti apa?

  1. bak berlubang ( difoto diatas yang berwarna merah )
  2. bak / nampan ( difoto diatas berwarna biru )
  3. benih kangkung
  4. nutrisi hidroponik
  5. bambu untuk menyangga bak berlubang
  6. air
  7. kain kasa ( diperlukan jika bak berlubangnya besar sehingga benih jatuh ke air, maka diperlukan kain kasa supaya benih gak jatuh ke air )
  8. Jika alat bahan seperti nutrisi hidroponik anda belum punya anda bisa membelinya di toko online kami www.hidroponikuntuksemua.com/shop

Dengan metode ini persemaian sampai pembesaran akan dilakukan di bak berlubangnya ya.. jadi langsung tancap saja. Untuk urutan fotonya anda bisa lihat di foto foto dibawah ini ya :

semai benih kangkung

tahap pertama adalah seeperti foto diatas, tebarkan benih kangkung didalam bak berlubang yang sudah diberi kain kasa. Fungsi kain kasa hanyalah untuk menahan benih supaya tidak jatuh ke air dibawahnya. Jika anda membeli bak berlubang yang bisa menahan benih kangkung tidak jatuh bisa tidak menggunakan kain kasa. Usahakan air menyentuh semua benih, namun benih jangan sampai tenggelam, karna kalo tenggelam nanti benih busuk dan gak tumbuh. dalam fase ini belum dikasih nutrisi hidroponik ya. Biasanya kangkung akan sprout atau pecah benih dalam 1-3 hari. Sebelum pecah benih biasa yang saya lakukan adalah menutup semaian dengan sesuai yang bisa menghalangi sinar matahari masuk. Setelah benih mulai pecah baru penutup dibuka.

benih kangkung

Benih sudah mulai pecah, penutup bisa dibuka dan bisa dipaparkan sinar matahari langsung minimal 4 jam dari pagi ya. jangan dari siang.

kangkung hidroponik sederhana

5-7 hari setelah semai biasanya kangkung akan seperti foto diatas, anda bisa siapkan nutrisi hidroponik untuk memberikan pada tanaman kangkung nya. cara pemberian hanya dituangkan dibak dibawah bak berlubang. Usahakan selalu cek air supaya tidak kekeringan. Anda bisa gunakan bak dengan ukuran lebih tinggi agar air lebih tahan lama.

cara menanam kangkung

Kangkung sudah bisa diberikan nutrisi hidroponik dengan konsentrasi 3ml / liter air. nanti dinaikkan sampai 5-6ml liter air/ minggu

cara mudah menanam kangkung

Foto diatas agak kekuningan daunnya karena nutrisi kurang pekat atau telat nambah nutrisi. namun tenang saja tetap bisa dilanjut tinggal ditambahkan nutrisinya.

kangkung hidroponik

Ini giani yang lagi berpose dengan kangkung , hehe

 

kangkung hidroponik sederhana

Penampakannnya

kangkung manual ponik

Kangkung sudah siap panen

kangkung4

Sudah siap panen 25-35 hss

cara menanam kangkung sederhana

Nah cara diatas adalah cara sederhana menanam kangkung hidroponik. Biasanya kalo dikami bisa kami panen berulang bisa sampai 6-10 kali baru tanaman kami ganti yang baru. Asyyik kan? tanam sekali panen ber kali kali.

selamat menanam, semoga berhasil.

jangan lupa like fp kami @hidroponikforall

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke social media yang akan ikuti. terima kasih