Media tanam organik untuk menanam hidroponik

http://protectedevidence.com/?p=critical-thinking-and-writing Sesuai dengan namanya, metode hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Meskipun demikian dalam metode ini tetap diperlukan media tanam lain yang berfungsi untuk menopang dan mengalirkan nutrisi tanaman. Pada dasarnya ada dua macam media tanam dalam sistem hidroponik salah satunya adalah media tanam organik. Media tanam organik adalah media tanam yang berasal dari sisa tanaman seperti sabut kelapa atau cocopeat, sekam, serbuk gergaji, akar pakis, gambut, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah media tanam yang biasa digunakan dalam sistem tanam hidroponik

  1. Sabut kelapa atau Cocopeat
cocopeat
cocopeat

next Cocopeat adalah istilah media tanam hidroponik yang terbuat dari sabut kelapa. Cocopeat merupakan media tanam dengan daya serap air yang sangat tinggi, ramah lingkungan, stabil, dengan pH sekitar 5 – 6,8. Media tanam ini sangat baik untuk pertumbuhan akar. Daya serap cocopeat yang tinggi menyebabkan tingkat aerasi atau penyerapan oksigen sangat rendah sehingga dalam penggunaannya biasanya cocopeat dicampur dengan media tanam yang lain seperti serbuk gergaji atau sekam dengan perbandingan yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan aerasi atau penyerapan oksigen oleh tanaman.

http://maylamtoiden.biz/?p=persuasive-essay-against-abortion 2. Sekam bakar

http://connectchurch.se/?p=dissertation-oral-defense-powerpoint-presentation Sekam bakar adalah limbah yang dihasilkan dari penggilingan padi dan merupakan salah satu media tanam yang umum dipakai dalam metode hidroponik dan sebagai media tanam tanaman dalam pot. Harganya yang ekonomis adalah salah satu keuntungan dalam penggunaan sekam bakar. Selain itu sekam bakar memiliki daya serap air dan aerasi atau penyerapan oksigen yang cukup baik. Karena media tanam ini berasal dari bahan organik maka sekam bakar sangat ramah lingkungan dan memiliki pH yang netral sehingga cocok untuk pertumbuhan akar. Sekam bakar juga dapat dicampur dengan cocopeat untuk meningkatkan kualitas media tanam dengan perbandingan yang sama yakni 50:50.

click here 3.Akar pakis haji

http://deshkikhabre.com/?p=urgent-custom-essays Akar tanaman pakis ternyata juga dapat digunakan sebagai media tanam dalam metode tanam hidroponik. Namun media ini tidak terlalu baik digunakan sebagai media tanam karena daya serap airnya yang rendah dan mudah membusuk. Media ini biasanya digunakan saat media tanam lain sulit ditemukan. Untuk meningkatkan daya serap air dan aerasinya, akar pakis dapat dicampur dengan sekam dan cocopeat. Saat ini akar pakis kering juga banyak ditemui dipasaran dan dijual sebagai media tanam.

cheap wall papers uk 4. Serutan kayu dan jerami

view Serutan kayu dapat digunakan sebagai media tanam karena sifatnya yang dapat menyerap air meskipun daya serapnya tidak terlalu baik sama halnya dengan media tanam jerami. Karena berasal dari bahan organik, media tanam ini cocok digunakan dalam metode hidroponik terutama untuk menumbuhkan tanaman yang membutuhkan kelembaban yang tinggi seperti jamur. Namun sebelum digunakan serutan kayu dan jerami harus dibersihkan terlebih dahulu dan diganti dalam selang waktu tertentu.

did you do your homework yesterday http://christiantokc.com/?p=random-creative-writing-prompts Kelebihan dan kekurangan media tanam organik

see Sebelum memulai berkebun dan menanam tanaman dengan metode hidroponik anda bisa menentukan mana media tanam yang ingin anda gunakan dan tersedia di daerah anda. Saat memilih media tanam sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangan media tersebut dan ketahui bagaimana cara untuk meminimalisir kekurangannya.

http://www.surgeskateboard.com/aacpl-homework-help/ aacpl homework help http://www.papilouve.com/we-write-essays/ Kelebihan media organik

  • Memiliki kemampuan untuk menyimpan air dan nutrisi dengan sangat baik
  • Mendukung perkembangan mikroorganisme baik yang tumbuh diakar seperti mikoriza
  • Memiliki kadar aerasi yang optimal
  • Kadar pH yang stabil
  • Sangat cocok untuk mendukung pertumbuhan akar
  • Bahan organik biasanya lebih ringan dibandingkan dengan bahan anorganik
  • Sangat cocok digunakan dalam metode hidroponik sistem drip.

http://salon-cvetov.kz/buy-college-writing-papers/ go to link Kekurangan media tanam organik

  • Faktor kelembaban media tanam yang tinggi mendukung pertumbuhan bakteri, jamur dan virus yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.
  • Tidak dapat dijamin sterilitasnya
  • Media tanam organik tidak dapat digunakan secara permanen dan harus rutin diganti selama masa penanaman.

Butuh alat bahan hidroponik? anda bisa klik www.hidroponikuntuksemua.com/shop

 

 

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *