TIPS AGAR SEMAIAN BENIH LETTUCE DI ROCKWOLL BERHASIL.

TIPS AGAR SEMAIAN BENIH LETTUCE DI ROCKWOLL BERHASIL.

http://www.hidroponikuntuksemua.com

Penyemaian merupakan suatu proses penyiapan bibit tanaman baru sebelum di tanam pada lahan sesungguhnya benih disemai di tempat tertentu dan untuk hidroponik media semai pakai khusus yaitu Rockwoll,penyemaian sangat penting ,terutama pada benih tanaman yang halus dan tidak tahan terhadap faktor faktor luar yang dapat menghambat proses pertumbuhan menjadi bibit tanaman.dengan menyemai benih biji terdahulu ,diharapkan akan mendapat mutu yang lebih baik.karena dapat dilakukan pemilihan bibit yang tepat.

Lanjut ya sobat di sini mimin mau berbagi tentang tips agar semai lettuce berhasil di media semai rockwoll.semai tidak semudah yang kita dengar, tinggal sebar benih lalu benih akan tumbuh. Ya tidak seperti itu juga. Mungkin akan tumbuh, tapi berapa lama? Baguskah kondisinya? atau mungkin tidak tumbuh sama sekali.

Cara semai agar berhasil

Bahan-Bahan

  • Media semai rockwoll
  • Benih
  • Air mineral (air isi ulang juga bisa )phnya lebih rendah
  • Nampan
  • Plastik hitam atau kardus
  • Pelubang rockwoll
  • Bak atau ember

Cara penyemaianya.

Ambil rockwoll sesuai kebutuhan benih yang akan di semai lalau biki  garis-garis dengan ukuran lebar x panjang 2,5cm jika sudah di garis garis maka bikin lubang benihnya di tengah-tengah (pusat rockwoll yang 2,5cm tadi ).

 

Jika sudah di bikin lubang lalu taruh air isi ulang tadi di bak atau ember,kemudian ambil rockwolll dan celupkan di air isi ulang,celupkan dan tiriskan sampai tidak ada air lagi yang menetes,saat semai usahakan media rockwoll dalam keadaan lembab karena jika rockwollnya terlalu basah maka akan membuat sulit pecah benih.

Jika rockwoll sudah dalam keadaan lembab lalu taruh di nampan,dan masukan benih biji lettuce bisa menggunakan lidi di basahi dan tempelkan di benihnya,untuk 1 lubang benihnya bisa kasih 1-2 benih biji,jika sudah di masukan semuanya segera di taruh di tempat gelap/tertutup dan tutup menggunakan kardus atau plastik hitam,saat semai biji usahakan jangan terkena cahaya sinar matahari.jika sudah masukan di dalam ruangan sering cek semainya bila benih sudah pecah benih pertama kali semaianya segera di kenakaan sinar matahari jangan sampai telat terkena cahaya sinar matahari karena apabila telat terkena cahaya sinar matahari semainya akan kutilang dan tidak bisa bertumbuh dengan normal (abnormal),jika semainya kutilang semainya akan sulit bertumbuh besar juga mudah layu.

Image result for semaian kutilang

Contoh di atas adalah semaian kutilang (kurus tinggi langgsing hehe) jangan sampai telat terkena cahaya sinar matahari ya.jika sudah pecah pertama kali segera di kenakaan sinar matahari terus menerus sampai daun ke 4 atau daun sejati selama pecah benih di siram pakai air biasa dulu jangan air nutrisi ya,jika air nutrisi maka semaianya akan kaya terbakar.di siram air biasa saja jangan terlalu banyak menyiramnya karena jika terlalu banyak menyerap air rockwoll akan berlumut,kalau berlumur memperjelek keindahan pada rockwollnya,siram secukupnya saja bila sudah basah jangan di tambah lagi ya.

Jika sudah daun sejati bisa sudah di pindah tanam.mari semangat di coba ya 🙂

Bila Ada kendala dalam mencari alat bahan seperti

sekian dulu ya sobat artikel dari mimin.

TERIMA KASIH