Cara Memanen Pakchoy Yang Ditanam Hidroponik

Menanam sawi pakcoy dengan cara hidroponik mungkin menjadi salah satu penanaman dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi. Sehingga, bagi pemula sekalipun terkadang akan berhasil menumbuhkan sayuran pakchoy dengan sekali percobaan saja. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memanen pakchoy yang sudah siap panen di sistem hidroponik tersebut?

Ilustrasi sayuran pakchoy yang siap dipanen dari sistem hidroponik

Memanen pakchoy yang ditanam dengan sistem hidroponik dapat anda lakukan dengan cara yang tidaklah begitu sulit. Anda bisa mempraktekan panen sayuran hidroponik kalau anda ikut pelatihan hidroponik yang kami adakan. Untuk info pelatihan hidroponik tersebut, anda bisa menghubungi  CS kami di 082300015354 / ANTI. Adapun cara memanen pakchoy yang ditanam hidroponik adalah sebagai berikut

  1. Pertama-tama, siapkan wadah sayuran yang siap dipanen. Bisa menggunakan baskom atau ember yang sudah bersih.
  2. Pegang bagian tangkai pakchoy, kemudian angkat dengan hati-hati sayuran pakchoy hidroponik anda. Jika anda menggunakan media tanam rockwool, maka rockwool tersebut akan ikut terangkat, biarkan rockwool ikut terangkat dan letakkan di baskom yang sudah dipersiapkan tersebut dengan hati-hati.
  3. Lakukan langkah nomor dua untuk sayuran pakchoy lainnya.
  4. Yang perlu digarisbawahi adalah, anda tidak perlu menyingkirkan rockwool dari pakchoy yang anda panen. Kecuali pakchoy tersebut memang sudah ingin segera anda masak. Tetapi kalau belum mau dimasak atau bahkan ingin dijual sebaiknya rockwool tidak usah disingkirkan. Karena dengan rockwool yang masih bersama sayuran pakchoy tersebut, kesegaran sayuran akan bisa lebih terjaga, yang mana merupakan salah satu kelebihan sayuran pakchoy hidroponik. Selamat memanen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *