Cara Menyemai Cabai Secara Hidroponik

Cara Menyemai Cabai Secara Hidroponik

Menyemai cabai secara hidroponik mungkin masih menjadi sesatu yang baru bagi sebagian orang. Hal ini wajar karena bagi mereka yang masih awam dengan bertanam hidroponik belum begitu mengenal cara penyemaian yang satu ini. Namun, bagi yang sudah pernah bertanam secara konvensional atau secar organik, sebenarnya prinsip menyemai dengan hidroponik tidaklah berbeda. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak kumpulan paragraf singkat berikut ini.

Cabai hidroponik yang dikeluarkan bagian dalamnya yang mirip benih cabai

Menyemai cabai dengan hidroponik dapat dilakukan dengan alat-alat hidroponik tentunya. Cara ini memiliki keunggulan yaitu bisa menyemai dengan steril tanpa harus berurusan dengan tanah yang biasanya membuat tangan harus terkena lumpur becek. Jika anda tertarik dengan cara ini, anda bisa order paket cabai dan paprika (PROMO hingga tanggal 16 juni 2017) yang bisa anda pesan melalui CS kami di 081215773352 / ERVIN. Adapun cara menyemai cabai secara hidroponik adalah sebagai berikut.

Pertama, siapkan peralatannya, yaitu :

  1. Benih cabai
  2. Rockwool
  3. Air secukupnya
  4. Penutup semaian
  5. Tusuk gigi

Rockwool terlebih dahulu dibasahi dengan air secukupnya hingga memiliki tekstur lembab. Kemudian buat lubang pada rockwool tersebut menggunakan tusuk gigi. Lubang ini nantinya digunakan untuk memasukkan benih cabai, sehingga dibuat dengan ukuran yang teratur akan lebih baik.

Masukkan benih ke lubang yang telah jadi tersebut dengan kondisi tidur, kemudian tutup dengan penutup semaian. Penutup semaian tersebut tidak boleh tembusa cahaya sehingga disarankan menggunakan penutup yang berwarna gelap dan agak tebal sedikit.

Keesokan harinya, benih sudah pecah benih dan siap dikenakan sinar matahari tanpa penutup semaian. Namun, bila belum pecah benih, perlu ditunggu beberapa hari agar bisa segera pecah benih, sebelum penutup semaian boleh dibuka. Mudah, kan? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *