Ketrampilan Yang Perlu Dilatih Untuk Bisa Berhidroponik

Ketrampilan Yang Perlu Dilatih Untuk Bisa Berhidroponik

Bertanam hidroponik sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia pertanian dan perkebunan. Tetapi, bagi sebagian orang, hidroponik masih menjadi sesuatu yang baru sehingga untuk memulainya mereka masih ragu-ragu. Ada banyak faktor keraguan tersebut dan yang salah satu faktornya adalah kurangnya ketrampilan. Untuk itu berikut ini adalah beberapa ketrampilan yang perlu dilatih untuk bisa berhidroponik.

Bertanam sawi dengan sistem hidroponik
  1. Kemauan untuk belajar

Kemauan untuk belajar harus ditanamkan pada diri seseorang jika ia ingin bisa berhidroponik. Bertanam hidroponik memiliki ilmunya tersendiri, sehingga kalau ilmu tersebut tidak dipelajari dengan benar, maka hasil penanaman hidroponik yang dilakukan seseorang akan kurang memuaskan.

Untuk itu, bagi anda yang ingin belajar hidroponik, anda bisa mengikuti pelatihan hidroponik yang kami agendakan di kota besar di indonesia khususnya di pulau jawa. Untuk info pelatihan hidroponik silakan hubungi nomor CS kami di 082300015354 / ANTI atau 085742123767 / LILIN.

  1. Inisiatif pengadaan peralatan

Selain kemauan untuk belajar, seseorang harus memiliki inisiatif dari dirinya sendiri untuk mengadakan peralatan hidroponik. Tidak semua alat hidroponik harus didapat dengan membeli secara online, bahkan barang bekas seperti botol bekas pun bisa digunakan untuk pengadaan alat hidroponik.

  1. Terus mencoba pantang menyerah

Menanam hidroponik untuk pertama kalinya tentu akan menghasilkan hasil yang beragam, ada yang berhasil dan tentu ada yang belum berhasil. Jika anda belum berhasil, jangan menyerah untuk mencoba lagi, karena dari ketidakberhasilan tersebut seseorang akan belajar agar bisa berhasil. Bagi yang pertama mencoba langsung berhasil sekalipun harus pantang menyerah untuk terus belajar. Karena, ilmu berhidroponik dapat dipelajari kembali dan dikembangkan untuk hasil penanaman yang lebih baik di masa mendatang. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *