Peralatan Dasar Untuk Memulai Menanam Sayuran Hidroponik

Peralatan Dasar Untuk Memulai Menanam Sayuran Hidroponik

Pada sistem penanaman secara hidroponik, terdapat beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung penanaman tersebut. Kita biasa melihat beberapa peralatan seperti peralon, ember, air yang mengalir, rockwool, netpot dan sebagainya. Dari sekian banyak peralatan yang kita lihat dari luar, sebenarnya terdapat sebagian peralatan dasar yang merupakan pokok peralatan yang diperlukan. Tanpa peralatan pokok tersebut, penanaman secara hidroponik tidak akan berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa peralatan dasar tersebut.

Rockwool yang akan diletakkan ke netpot pada sebuah sistem NFT
  • Sistem

Sistem merupakan peralatan prinsipal yang dapat dipilih sesuai dengan selera penanam. Ada banyak sistem yang bisa dipilih seperti sistem wick, NFT, dutchbucket dll. Untuk pemula, biasanya memilih sistem wick karena lebih sederhana.

  • Rockwool

Rockwool merupakan media tanam yang sering digunakan untuk menanam sayuran hidroponik. Rockwool dipilih karena kualitasnya yang bagus.

  • Nutrisi

Nutrisi adalah pupuknya sistem penanaman hidroponik. Tentu saja merupakan peralatan dasar yang diperlukan dan tak tergantikan.

  • Netpot

Netpot bisa dipasangkan dengan rockwool untuk menanam sayuran hidroponik. Agar rockwool tidak tenggelam ke air nutrisi, maka digunakan netpot inilah untuk melindunginya.

  • Flanel

Flanel juga bida dipasangkan dengan rockwool. Yang itu untuk menyalurkan rockwool ke air nutrisi, setelah rockwool tersebut dilindungi oleh netpot diatas.

  • Benih

Dan yang terakhir adalah benih. Benih yang bisa ditanam dengan hidroponik sangat beragam. Tetapi, biasanya penanaman hidroponik ini lebih disukai untuk menanam sayuran daun seperti selada, sawi, bayam merah, dan lain-lain.

Jika anda membutuhkan peralatan dasar hidroponik diatas, anda bisa order secara online langsung menjadi satu paket(tanpa sistem) melalui CS kami di 081225091786 / ATUN. Setelah itu, anda bisa memilih sistem yang anda ingin coba sendiri. seperti yang disebutkan diatas, ada banyak sistem yang bisa dicoba seperti sistem wick, NFT, dutchbucket, dll.