Media Unik Hydroton Hidroponik

Media Unik Hydroton Hidroponik

Sebelum masuk dimateri hidroton, kali ini kita akan membahas hal – hal unik hidroponik apa aja ya?? salah satunya penanaman secara hidroponik dapat dilakukan didalam ruang, bukan berarti hidroponik tidak memerlukan cahaya matahari untuk Tumbuhnya, tapi didalam ruangan ini cahaya matahari sudah digantikan dengan cahaya dari lampu growlight, lampu ini disetting dan diletakkan sedemikian rupa sehingga kebutuhan tanaman akan cahaya matahari tetap terpenuhi untuk pertumbuhan tanaman.
Tapi kecanggihan ini baru dilakukan diluar Indonesia misalkan Jepang, untuk saat ini Hidroponik diIndonesia masih sering dilakukan diluar ruangan karena investasinya yang lumayan rendah dibanding dengan penggunaan growlight.

Penggunaan Media Tanam
Hidroponik bukan berarti tak mengunakan media tanah dan tak menggunakan media apapun untuk penanamannya, Hanya saja peran tanah kita ganti menggunakan media – media tanam lain seperti rockwool atau hidroton. Media ini dikategorikan sebagai media yang steril atau terhindar dari masalah – masalah dalam penggunaan tanah, seperti cacing, gulma dll. Kali ini kita akan membahas HYDROTON.. APA SIH HYDROTON ITU ??
Hydroton adalah salah satu media tanam yang berbentuk menyerupai kacang atom atau bulatan – bulatan kecil seperti kelereng. Hydroton sangat baik digunakan sebagai media tanam karena dapat menyimpan air nutrisi dengan baik, memiliki ph netral dan stabil, serta memiliki aerasi yang cukup baik. Dengan bentuknya yang bulat ringan, mudah untuk diaplikasikan dan tidak merusak ataupun mengganggu pertumbuhan akar tanaman. Hydrotonpun mampu digunakan berulang.

Kelebihan dan Kekurangan Hidroton
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap metode yang diciptakan oleh manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, Yuk mari kita bahas satu persatu.

Kelebihan Hydroton sebagai media Hidroponik :
1. Mampu mempertahankan akar tanaman untuk selalu beroksidasi
2. Ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang
3. Mudah penggunaannya
4. Media yang memiliki tingkat ph netral dan stabil
5. Mampu menopang tanaman besar seperti cabai, kale, tomat, okra dan masih banyak lainnya.

Disamping kelebihan pasti ada kelemahannya, selama kami menggunakan hydroton inilah kelemahannya
1. Hydroton dengan ukuran yang kecil atau bisa lolos penyaring dapat menyebabkan penyumbatan pada pipa sirkulasi.
Untuk mengatasi kelemahannya ini alangkah lebih baik kita rutin cek sistem dan tanaman kita. Agar bila terjadi penyumbatan bisa langsung kita tindak lanjuti.

Sekian ulasan kita mengenai HYDROTON kali ini. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya pastilah anda dapat mengambil keputusan tentang penggunaan hydroton dikebun anda sebagai perangkat hidroponik, aquaponik atau sebagai media tanam hias anda.

Tempat Mendapatkannya :
Tak perlu pusing untuk mencari media ini cukup hubungi cs kami di no :
081225091786 atun
081215773352 erfin
082300015354 anti
085742123767 lilin
atau kunjungi website kami, klik DISINI. Selamat berhidroponik salam hangat www.hidroponikuntuksemua.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *