5 HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN AGAR TANAMAN HIDROPONIK TUMBUH OPTIMAL.

5 HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN AGAR TANAMAN HIDROPONIK TUMBUH OPTIMAL.

 

Meskipun menanam dengan  system  hidroponik memiliki banyak keuntungan dan lebih mudah perawatanya di bandingkan dengan system konvensional yang menggunakan tanah sebagai media tanamanya ,tetapi anda harus tetap memperhatikan tanaman anda agar bisa bertumbuh optimal tumbuh optimal di sini adalah tumbuhan cepat besar,sehat,cepat berbuah dan cepat panen.

6 HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN TANAMAN HIDROPONIK AGAR BISA TUMBUH OPTIMAL

1.KUALITAS AIR

Air merupakan media utama yang di gunakan dalam system hidroponik .Air yang kotor atau terkena polusi sangat tidak di anjurkan untuk di gunakan.cara termudah untuk memriksa apakah air yang di gunakan bersih dan sehat adalah dari warna ,bau,rasa dan derajat keasamaan  Air yang basa atau mengandung alkali yang tinggi akan menyebabkan tanaman anda tumbuh tidak sehat.gunakanlah air yang berPH 5-7 untuk media hidroponik.

2.CAHAYA

Semua tanaman memperlukan cahaya sinar matahari untuk pertumbuhanya.mungkin masih ingat dengan istilah fotosintesa yaitu suatu proses pengelola makanan menjadi energy pada tumbuhan dengan bantuan cahaya sinar matahari.tanaman yang kurang cahaya sinar matahari akan tumbuh kurus dan tinggi,jadi kesimpulannya jangan sampai kurang/telat di kenakaan sinar matahari apalagi saat benih biji pecah benih pertama kali,saat pertama kali pecah harus segera di kenakaan sinar matahari apabila telat atau kurang tanaman akan tinggi kurus (kutilang).

3.NUTRISI

Nutrisi sangat penting dalam bertanam system hidroponik karena makhluk hidup pun membutuhkan Nutrisi apalagi tanaman ? tanaman yang kurang nutrisi akan tumbuh kurus kurang gizi. Harus sering cek kepekataan larutan nutrisinya jangan sampai kurang juga jangan sampai kelembihan jika terlalu lebih makan tanaman akan seperti terbakar pucuk daun mengering  harus mengecek setiap saat dan sesuaikan larutan nutrisi dengan table ppm tanaman karena setiap ppm tanaman berbeda-beda cek menggunakan TDS meter.

4.SUHU

Tanaman memerlukan suhu optimal untuk pertumbuhnya .tanaman yang terkena suhu panas akan mudah layu dan akar tanaman saran saya adalah sering saja semprot pakai air biasa 2-3x dalam sehari.

5.OKSIGEN

Dalam berkebun hidroponik ,tanaman memerlukan oksigen untuk pengambilan nutrisi oleh akar.penting sekali menjaga oksigen dalam air.air yang diam akan sulit menggambil nutrisi sehingga penting sekali jika anda bertanam dengan hidroponik system wick atau genang,anda harus sering aduk larutan nutrisi setiap pagi,akan lebih baik juga jika di aduk laruta nutrisinya 2-3x dalam sehari agar nutrisi tidak mengendap di bawah .

 

Itu lah  5Tips anda dalam berhidroponik harus sering Cek tanamanmu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *