Cara Menanam Endive Menggunakan Sistem Nft Slimmy 30 Hole

Cara Menanam Endive Menggunakan Sistem Nft Slimmy 30 Hole

Hidroponikuntuksemua.com – hobi hidroponik merupakan salah satu hobi yang disukai oleh mereka yang hobi berkebun. Pasalnya, berkebun bisa dikembangkan dengan sistem hidroponik ini. Mereka yang suka hidroponik ini dulunya mungkin sudah hobi berkebun atau bertani terlebih dahulu. Berkebun di rumah merupakan salah satu kegiatan positif yang membuat orang mulai betah karena selain menyenangkan juga memberi dampak positif. Bertanam di rumah bisa menghasilkan berbagai sayuran yang mereka inginkan untuk ditanam. Nah, yang menyenangkan lagi adalah kalau setelah panen bisa membuat menu masakan dari hasil kebun sendiri. Tentu membawa kesan tersendiri.

Salah satu sayuran yang menarik untuk ditanam dengan sistem hidroponik adalah sayuran endive. Tahukah kamu sayuran endive ini? Mungkin bagi kita sayuran endive masih terlihat baru karena sayuran ini jarang ada di menu keseharian kita. Akan tetapi, sayuran ini akan menarik banyak hobiis hidroponik agar segera menanamnya. Karena selain sayuran ini mudah ditanam dengan sistem hidroponik, sayuran ini juga memiliki bentuk daun yang menarik dan tampak indah di kebun kita. Bentuk sayuran ini sebenarnya hampir mirip dengan jenis beberapa selada dengan kelopak daun keluar sehingga tampak rimbun. Namun, di bagian pinggir daun endive ini terlihat seperti gerigi sehingga menarik untuk dicoba ditanam dengan hidroponik. Nah, untuk menanam endive menggunakan sistem hidroponik, berikut adalah langkah-langkah penanamannya.

  • penyemaian benih

Seperti pada tanaman hidroponik lainnya, anda bisa menyemai benih sayuran lettuce ini dengan menggunakan rockwool. Penyemaian menggunakan rockwool akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan media lain. Karena selain rockwool memiliki kelembaban yang tahan lama, juga rockwool bisa langsung dipindahkan bersama tanaman untuk pindah tanam nantinya. Pertama, terlebih dahulu basahi rockwool lalu tiriskan hingga kadar air pada rockwool hanya lembab saja. Kemudian buat lubang tanam di rockwool tersebut dan tebarkan benih di lubang tanam yang telah disiapkan. Benih perlu ditunggu 1-3 hari untuk bisa pecah benih dan bisa segera dikenakan sinar matahari.

  • pindah tanam tanaman

Pindah tanam dapat dilakukan saat benih berumur 14 hari. Sehingga, tanaman kecil yang siap dipindah tanam tersebut sudah memiliki 4 helai daun yang dinamakan tanaman berdaun sejati. Kali ini, kita akan menanam sayuran endive dengan sistem nft slimmy 30 hole, jadi anda harus menyiapkan sistemnya tersebut terlebih dahulu. Adapun sistem nft slimmy 30 ini dipilih karena memiliki body yang ramping sehingga bisa tetap dipakai meskipun ditanam di lahan sempit sekalipun. Nah, setelah sistem siap, maka anda bisa langsung memindahkan tanaman yang telah berdaun sejati tersebut sekalian bersama rockwoolnya diatas netpot nft slimmy ini.

  • perawatan tanaman

Perawatan tanaman dengan sistem nft slimmy 30 merupakan salah satu yang paling mudah untuk dilakukan. Pekerjaan perawatan yang pertama adalah dengan mengecek ketersediaan larutan nutrisi yang berada di bak nutrisi. Dan penambahan nutrisi biasanya tidak dilakukan setiap hari karena hanya dilakukan apabila larutan nutrisi sudah berkurang 1/3 volume saja. Perawatan yang berikutnya adalah dengan menjaga tanaman dari serangan hama seperti hama ulat, belalang dan hama lainnya.

  • waktunya panen

Masa panen adalah masa yang ditunggu-tunggu. Dan sayuran endive ini dapat anda panen apabila telah berumur 65-90 hari. Untuk memanen sayuran hidroponik ini, disarankan untuk tidak terlalu terlambat panen karena dikhawatirkan kualitas rasanya yang mungkin bisa berkurang. Nah, bagi anda yang mau bertanam endive dengan sistem nft ini, anda bisa order sistem nft hidroponik slimmy 30 hole ini dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *