Cara Menanam Lettuce Tom Thumb Di Sistem Tower Hidroponik

Cara Menanam Lettuce Tom Thumb Di Sistem Tower Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – pernahkah anda melihat sayuran yang ditanam bukan di media tanah? Kalau anda pernah melihatnya, mungkin sayuran yang anda lihat tersebut adalah sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik. Iya, tanaman hidroponik memang tidak ditanam dengan media tanah, karena sistem penanaman hidroponik ini lebih banyak mengandalkan kekuatan air untuk menumbukan tanaman diatasnya. Sistem penanaman hidroponik di indonesia kebanyakan dimanfaatkan oleh mereka yang hobi bertanam sayuran untuk bertanam sayuran favorit. Ada banyak sayuran yang bisa dikreasikan untuk ditanam dengan sistem hidroponik ini, seperti sayuran bayam, sawi, selada, kangkung dan ada juga lettuce tom thumb.

Bertanam hidroponik tidak memebutuhkan skil khusus yang lama dipelajari. Karena pada prinsipnya sistem tanam hidroponik ini kurang lebih sama dengan sistem penanaman pada umumnya. Sehingga, meskipun anda masih pemula yang belum pernah sama sekali menyentuh peralatan hidroponik ini, asalkan mau belajar pasti anda pun juga bisa memulai bertanam hidroponik ini. Karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika anda bisa bertanam hidroponik ini. Sistem hidroponik ini terkenal dengan kemampuannya untuk dilakukan meskipun seseorang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Cukup dengan lahan seadanya, dan kebun hidroponik pun jadi dan bisa dimiliki. Nah, apakah anda juga mau bertanam hidroponik? Kali ini akan kami bagikan cara menanam hidroponik yaiitu cara menanam lettuce tom thum di sistem tower hidroponik.

Sebelum memulai penanaman, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu peralatan dan perlengakapan yang dibutuhkan seperti sistem tower hidroponik, rockwool, nutrisi, benih lettuce tom thumb, air secukupnya. Anda tidak perlu khawatir kalau anda memiliki lahan yang sempit, karena bertanam di sistem tower ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Lalu, untuk langkah-langkah penanamannya dapat dibagi menjadi beberapa langkah dibawah ini.

  • penyemaian benih

Menyemai benih bukanlah hal yang asing bagi kita, tetapi pada sistem hidrponik ini kita akan menyemai dengan menggunakan media rockwool. Nah untuk memulai penyemaian, dimulai dengan membasahi rockwool lalu tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembab. Kemudian buat lubang tanam pada rockwool dan letakkan 1-2 biji benih di setiap lubang tanam yang telah dibuat. Tunggu benih selama 1 malam dan keesokan harinya biasanya benih sudah pecah benih. Setelah pecah benih, segera kenakan benih ke sinar matahari agar tidak terjadi kutilang.

  • pindah tanam tanaman remaja

Langkah berikutnya disebut langkah pindah tanam. Langkah ini bisa dilakukan setelah benih yang tadi kita semai sudah tumbuh dan menjadi tanaman yang sudah memiliki daun sejati. Pada tanaman lettuce tom thumb ini, tanaman bisa diindah tanam setelah berumur kurang lebih 14 hari. Sebelum pindah tanam, pertama-tama anda siapkan sistem towernya terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menyiapkan larutan nutrisi dan pompa yang harus dipasang didalam sistem tower. Setelah semuanya siap, baru tanaman bisa dipindah tanam dengan cara diletakkan di atas netpot bersama dengan rockwool.

  • perawatan tanaman dewasa

Perawatan dapat dilakukan dengan cara menjaga tanaman dari serangan hama serta dengan menjaga larutan nutrisi. Kita tidak perlu menyiram tanaman setiap hari karena sudah ada pompa yang bekerja mengalirkan nutrisi pada tanaman.

  • panen

Masa panen adalah masa yang paling ditunggu-tunggu. Nah, sayuran lettuce ini bisa anda panen setelah berumur 30-45 hari. Sekitar satu setengah bulan, anda sudah bisa memanen sayuran lettuce anda. Nah, bagi anda yang mau order sistem tower ini, anda bisa order dengan cara klik disini. Sedangkan bagi anda yang mau order perlengkapan hidroponik harga diskon, kami akan mengadakan diskon besar-besaran pada tanggal 23 april – 8 mei 2018 dalam rangka milad ajairu yang ke-6. Nantikan infonya di facebook.com/hidroponikforall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *