Sekam Bakar Sebagai Media Tanam Hdiroponik

Sekam Bakar Sebagai Media Tanam Hdiroponik

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik bisa dilakukan oleh siapa saja dari yang muda sampai yang tua sekalipun. Sistem penanaman ini memang cocok dilakukan untuk siapa saja. Walaupun kebanyakan orang yang suka dengan hobi hidroponik ini adalah ibu-ibu, akan sistem penanaman ini juga banyak disukai oleh anak mudah bahkan sebagian sekolah juga melakukan sistem penanaman ini di tanam sekolahnya. Sistem penanaman hidroponik ini memang kian lama kian banyak disukai dan banyak dipraktekan karena memiliki banyak kemudahan dan kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan sistem penanaman biasa. Salah satu kelebihan yang disukai adalah bahwa sistem penanaman hidroponik ini bisa dilakukan bahkan dengan tanpa menggunakan tanah sedikitpun. Hal ini memang benar bisa dilakukan karena sistem penanaman hidroponik ini lebih mengandalkan kekuatan air dari pada menggunakan kekuatan tanah.

Pada umumnya, orang bercocok tanam menggunakan tanah sebagai media tanam. Tanaman akan tumbuh dengan bergantung pada kesuburan tanah yang ditempati. Hal ini terkadang dianggap merugikan bagi mereka yang tinggal di tanah yang tidak subur. Karena di tanah yang tidak subur tersebut tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik bahkan berpotensi mengakibatkan tanaman mati. Sehingga, bertanam hidroponik menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang tidak memiliki lahan subur tetapi tetap ingin menyalurkan hobi berkebun.

Nah, untuk bertanam hidroponik orang tidak perlu lagi membutuhkan tanah sehingga menggunakan media lain sebagai pengikat akar tanaman. Media yang digunakan untuk bertanam hidroponik ini kemudian disebut media tanam hidroponik. Kita tahu bahwa media tanam hidroponik yang paling baik digunakan dan paling sering digunakan adalah media tanam rockwool. Rockwool adalah salah satu jenis media tanam yang terbuat dari batuan yang sudah dipanaskan. Rockwool memang baik untuk digunakan sebagai media tanam terlebih untuk menanam berbagai jenis sayuran daun. Media tanam ini memiliki daya serap air yang baik sekaligus daya simpan air yang keduanya baik. Akan tetapi, anda juga tidak dipaksa untuk menggunakan rockwool sebagai media tanam karena masih ada media tanam lain yaitu sekam bakar.

Kalau anda bertanam hidroponik menggunakan sekam bakar ini, anda akan bisa menghemat biaya penanaman karena sekam bakar tersebut bisa dihasilkan dengan membuat sendiri. Sekam bakar ini terbuat dari kulit padi yang bernama sekam kemudian dibakar tetapi hanya sampai berwarna hitam. Bagi anda yang dekat dengan petani anda bisa meminta sedikit sekam untuk dicoba digunakan sebagai media tanam hidroponik ini. Sekam bakar ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap air yang bagus. Media tanam sekam bakar juga cocok digunakan untuk menanam sayuran daun karena aman dari hama sehingga tanaman yang ditanam bisa lebih sehat.

Kalau anda mau bertanam hidroponik menggunakan media tanam sekam bakar ini, anda bisa menggunakan media tanam tersebut berulang kali. Sehingga, persediaan sekam bakar tidak mudah berkurang hanya karena digunakan setiap hari. Apalagi bagi anda yang dekat dengan petani, anda bahkan bisa membuat sendiri sekam bakar ini dengan sekam utuhnya dari petani tersebut. Tetapi, karena tidak semua orang bisa membuat sekam bakar dengan baik, jadi kekebanyakan orang lebih memilih menggunakan media tanam dengan membeli agar lebih praktis. Tidak heran rockwool menjadi media tanam yang lebih terkenal dari pada sekam bakar ini. Nah bagi anda yang mau order rockwool dengan harga diskon, anda bisa order dengan kode promo milad ajairu ke-6. Silakan beli rockwool harga diskon ini dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.