Cara Menanam Cabai Rainbow Menggunakan Sistem Dutchbucket

Cara Menanam Cabai Rainbow Menggunakan Sistem Dutchbucket

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik sudah banyak dilakukan oleh beberapa petani di indonesia. Hidroponik dimanfaatkan sebagai sistem tanam yang bisa menghemat lahan bahkan juga bisa menghemat air. Saat ini, bahkan tidak hanya petani saja yang bisa menggunakan sistem hidroponik ini untuk bertanam. Mereka yang sekedar hobi pun bisa memanfaatkan sistem hidroponik ini untuk menyalurkan hobi mereka tersebut. Hal ini dikarenakan sistem hidroponik tidak hanya bisa digunakan untuk menanam satu jenis tanaman saja. Ada banyak macam tanaman yang bisa ditanam dengan hidroponik sesuai kesukaan mereka. Banyak yang menggunakan sistem hidroponik ini untuk bertanam berbagai jenis sayuran. Tetapi, ada juga yang sudah menggunakannya untuk menanam tanaman buah seperti mentimun, tomat maupun cabai.

Bertanam hidroponik memang tidak ada habisnya, ada banyak kemudahan yang ditawarkan dari bertanam hidroponik ini. Selain hemat air dan hemat lahan seperti yang disebutkan diatas, orang juga tidak perlu lagi menggunakan tanah dalam bertanam. Sehingga, bagi orang yang tidak suka cacing akan cocok apabila bertanam dengan sistem hidroponik ini. Karena tidak ada tanah pada tanaman, berarti tidak ada cacing juga. Penanam juga tidak lagi berurusan dengan hal-hal seperti becek-becekan dengan tanah, sehingga kesan berkebun yang harus kotor-kotoran bisa dihilangkan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menanam cabai rainbow menggunakan sistem dutchbucket. Sistem dutch bucket merupakan salah satu sistem pada sistem penanaman hidroponik yang cocok digunakan untuk bertanam buah termasuk bertanam cabai rainbow kali ini. Berikut ini adalah tahapan-tahapan penanaman cabai rainbow pada sistem dutch bucket tersebut.

  • penyemaian benih

Kalau anda menyemai benih cabai, sebaiknya anda menggunakan media semai berupa tissu seperti yang telah dilakukan oleh farmer kami. Caranya adalah dengan pertama-tama membasahi tissu, kemudian lipat hingga cukup berlapis. Letakkan benih cabai rainbow pada tissu tersebut dan masukkan tissu ke plastik klip agar benih dalam kondisi kedap udara. Setelaah pecah benih, baru pindahkan benih di rockwool untuk proses penyemaian selanjutnya. Pada rockwool yang telah disiapkan, letakkan di lubang tanam kemudian langsung kenakan sinar matahari dan tunggu hingga tanaman kecil muncul daun sejati. Jangan lupa untuk menjaga kelembaban media tanam rockwool agar tanaman lebih cepat tumbuh. Setelah tanaman muncul daun sejati berarti tanaman siap di pindah tanam.

  • pindah tanam

Pindah tanam cabai rainbow ini sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari. Caranya adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu sistem dutch bucket beserta larutan nutrisinya. Untuk jumlah larutan nutrisi yang diperlukan, sesuaikan dengan ukuran sistem dutch bucket yang telah disiapkan. Lebih baik jumlah larutan nutrisi dilebihkan dari pada nanti kurang di akhir. Jangan lupa untuk mengecek ph dan ppm larutan sebelum dimasukkan ke sistem dutch bucket. Setelah nutrisi dan sistem dutchbucket siap, baru pidahkan tanaman ke sistem dutch bucket bersamaan dengan rockwoolnya sekalian.

  • perawatan

Hari demi hari tanaman cabai rainbow akan tumbuh di sistem ductch bucket. Jangan lupa tanaman dirawat dengan cara terus dipantau stok nutrisinya jangan sampai kehabisan. Dan juga, kalau kirannya terdapat hama yang menempel pada daun, atau batang tanaman, segera atasi dengan menggunakan pestisida organik yang aman bagi tanaman.

  • masa panen

Bila perawatan yang dilakukan terhadap tanaman cabai rainbow ini baik, maka tanaman juga akan bisa dipanen dengan kualitas cabai yang berkualitas. Cabai rainbow ini memiliki buah cabai yang warnanya bermacam-macam sehingga seperti hiasan kebun, dan aman untuk dikonsumsi meskipun beragam warnanya. Nah, bagi anda yang mau order sistem dutch bucket untuk bertanam cabai ini, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.