Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Pot Self Watering

Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Pot Self Watering

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik memang tidak pernah ada habisnya. Kini hobi hidroponik telah mulai berkembang di masyarakat dan banyak yang menyukainya. Tidak hanya menjadi hobi bahkan kini hidroponik telah dijadikan menjadi sebuah bisnis seperti bisnis sayuran hidroponik dan lain-lain. Terlepas dari banyaknya ragam hidroponik yang bisa dikembangkan, hal ini dikarenakan oleh mudahnya sistem tanam yang satu ini. Kita tahu bahwa sistem hidroponik merupakan salah satu sistem tanam yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan lahan berupa tanah sedikitpun. Tidak hanya itu, bertanam hidroponik juga mendukung penanamnya untuk bisa lebih hemat air dalam bertanam.

Hobiis hidroponik bisa menanam tanaman apa saja di sistem hidroponik mereka. Karena banyaknya tanaman yang bisa ditanam untuk berhidroponik, hobiis bisa memilih tanaman apa yang akan mereka tanam terlebih dahulu. Biasanya, pemula disarankan untuk berranam sayuran daun yang mudah untuk dirawat dan dipanen. Sering kita melihat pemula yang lebih dulu menanam sayuran daun seperti sayuran lettuce misalnya, sebelum menanam sayuran lain yang lebih menantang. Mendahulukan untuk bertanam sayuran yang mudah dirawat memang menjadi pilihan yang tepat. Karena bisa bertanam sekaligus belajar untuk tanaman atau sayuran yang lebih sulit yang disukai nanti.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam daun bawang menggunakan pot self watering. Daun bawang masih termasuk sayuran yang mudah ditanam, jadi bagi anda yang masih pemula sekalipun pasti juga bisa memperaktekannya. Karena kini menggunakan paket pot self watering hidroponik, jadi berikut ini adalah alat dan bahan yang anda butuhkan untuk memulai penanaman.

  1. benih daun bawang
  2. rockwool
  3. hidroton
  4. nutrisi
  5. pot self watering

Itu tadi adalalh alat dan bahan yang anda perlukan untuk menanam daun bawang hidroponik dengan pot self watering ini. Nah, untuk step by step cara penanamannya dapat anda simak berikut ini.

  • Langkah penyemaian

Menyemai benih daun bawang menggunakan rockwool akan membuat penyemaian lebih mudah. Pertama, basahi rockwool kemudian tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembab. Kemudian buat lubang tanam pada rockwool tersebut dan letakkan 1-2 benih daun bawang yang telah disiapkan kedalam lubang tanam tersebut. Tunggu benih dari 1-2 hari untuk proses pecah benih. Setelah pecah benih, anda bisa langsung kenakan benih ke sinar matahari agar tidak terjadi kutilang.

  • Langkah pindah tanam

Setelah benih yang disemai berumur 14 hari atau dua pekan, maka tanaman siap untuk dipindah tanam ke pot self watering yang sudah siap. Untuk menyiapkan pot self watering tersebut, pertama siapkan pot tersebut kemudian letakkan hidroton kedalam pot tapi jangan terlalu penuh karena nanti akan digunakan untuk tempat tanaman yang akan dipindah tanam. Kemudian larutkan nutrisi hidroponiknya. Untuk takaran larutan nutrisi pada penanaman daun bawang ini, gunakan kadar kepekatan nutrisi sebesar 980-1260 ppm. Masukkan larutan nutrisi ke pot self watering hingga penuh. Kemudian, pindahkan tanaman daun bawang yang siap tanam di atas hidroton pada pot tadi, kemudian tambahkan sedikit hidroton untuk melengkapi area yang kosong disekitar tanaman.

  • Langkah perawatan dan panen

Pot self watering ini memudahkan penanamnya dalam hal perawatan. Karena penanam tidak perlu lagi menanam manual tanaman yang ditanamnya. Cukup dengan mengecek stok larutan nutrisi yang ada pada pot kemudian menambahkan stok larutan nutrisi kalau sudah berkurang cukup banyak. Sedangkan untuk memanen daun bawang ini, anda cukup membutuhkan waktu antara 40-50 hari saja. Nah, bagi anda yang mau order paket pot self watering ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.