Cara Menanam Nebay di Sistem NFT Jinjing

Cara Menanam Nebay di Sistem NFT Jinjing

Hidroponikuntuksemua.com – berkebun memang sudah menjadi salah satu hobi yang menyenangkan apalagi kalau dilakukan di rumah sendiri. Selain mudah untuk dilakukan, berkebun ini juga tidak banyak menguras tenaga dari hobiis tersebut. Hal ini dikarenakan berkebun di rumah tidak harus menanam dengan jumlah yang banyak. Cukup menanam tanaman seperlunya saja. Apalagi saat ini kesibukan sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat kita. Nah, untuk itu para hobiis berkebun bisa menyesuaikan jumlah tanaman yang akan mereka tanam yang sesuai dengan waktu luang yang mereka miliki di sela-sela kesibukan sehari-hari.

Kini, hobiis berkebun juga dimanjakan dengan sistem tanam yang bisa mereka pilih untuk kebun mereka. Pasalnya, berkebun tidak hanya bisa dilakukan dengan tanah kemudian ditanami tanaman seperti pada umumnya. Namun, kini telah ada inovasi cara bercocok tanam yang bernama sistem hidroponik. Sistem hidroponik ini sedikit berbeda karena bisa dilakukan tanpa harus menggunakan tanah yang subur sekalipun. Sistem hidroponik ini juga cocok digunakan untuk anda yang hobi berkebun. Di indonesia sendiri, sistem hidroponik ini sudah banyak dipraktekan untuk bertanam berbagai jenis sayuran seperti kangkung, bayam, nebay, sawi dan lain-lain. Sebenarnya sistem hidroponik ini tidak hanya bisa dilakukan untuk sayuran saja, tetapi juga tanaman lain. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam nebay dengan sistem hidroponik NFT jinjing.

Sayuran nebay merupakan salah satu jenis sawi yang memiliki ukuran mini tetapi memiliki warna hijau pekat yang nikmat untuk dinikmati kalau sudah panen. Nah, karena kali ini kita akan menanam nebay dengan sistem hidroponik, lebih tepatnya hidroponik NFT jinjing. Pada penanaman ini tidak perlu menggunakan tanah dan berikut step by stepnya.

  • penyemaian benih

Menyamai benih nebay dengan sistem hidroponik bisa dikatakan mudah. Pertama-tama siapkan rockwool, kemudian basahi dengan air dan tiriskan hingga dalam kondisi lembab. Buat lubang tanam di rockwool tersebut lalu letakkan benih sayuran nebay pada lubang tanam yang telah dibuat tersebut. Tunggu 1-2 hari agar benih bisa pecah benih, dan langsung kenakan benih ke sinar matahari kalau sudah ditemukan benih yang sudah pecah benih.

  • Pindah tanam

Setelah pecah benih, benih akan tumbuh menjadi tanaman kecil dan dalam waktu sekitar 14 hari akan tumbuh daun sejati. Pada saat itu saat yang tepat untuk pindah tanam ke sistem NFT jinjing. Pertama-tama, siapkan NFT jinjing yang akan digunakan. Kemudian, rangkai sistem NFT tersebut dengan benar dan dilanjutkan dengan menyiapkan larutan nutrisi. Karena kita akan menanam sawi nebay ini, maka guankan larutan nutrisi dengan kepekatan antara 1050-1200 ppm. Setelah itu, masukkan larutan nutrisi pada bak nutrisi dan pindahkan tanaman diatas netpot NFT jinjing bersamaan dengan rockwoolnya sekalian.

  • Perawatan tanaman

Tahap perawatan tanaman merupakan tahapan yang dilakukan untuk merawat tanaman agar bisa tumbuh dengan baik hingga bisa dipanen nanti. Nah, karena kita menggunakan sistem NFT hinjing hidrponik, kita cukup mengecek stok larutan nutrisi yang ada pada bak. Usahakan untuk menambak stok larutan nutrisi ketika sudah berkurang lebih dari sepertiga dari volume semula. Sedangkan untuk menangkal hama sayuran, kita bisa menggunakan pestisida organik yang aman.

  • Panen sayuran

Masa panen adalah masa yang dinanti-nanti apalagi kalau sudah tidak sabar untuk menikmati sayuran hasil tanam sendiri. Nah, bagi anda yang mau memanen sayuran nebay ini, anda bisa memanennya kalau sudah berumur sekitar 40 hari. Dan cara memanennya pun cukup dengan mengangkat tanaman dari sistem NFT jinjing bersamaan dengan rockwoolnya. Nah, bagi anda yang mau order sistem NFT jinjing ini, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *