Cara Kalibrasi pH Dengan Cara Sederhana

Cara Kalibrasi pH Dengan Cara Sederhana

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik memang tidak bisa dipisahkan dengan pH atau pH meter. Kita tahu bahwa salah satu kunci sukses dalam bertanam hidroponik adalah dengan menyesuaikan pH larutan nutrisi. Kini sudah banyak yang sukses berkebun hidroponik. Pada dasarnya bertanam hidroponik memang mudah untuk dilakukan dan siapa saja bisa memulainya asalkan mau belajar. Bagi mereka yang masih pemula pun sebenarnya bisa saja langsung belajar dan memulai bertanam hidroponik dari sekarang karena ada tanaman atau sayuran khusus yang disarankan untuk ditanam pemula agar proses belajarnya bisa berjalan dengan mudah. Adapun pemula yang baru pertama kali beranam hidroponik pun ada banyak yang berhasil dan menghasilkan sayuran hidroponik yang segar dan sehat dikonsumsi.

Kalau anda mau sukses bertanam hidroponik, hendaknya anda menggunakan pH meter sebagai alat untuk mengukur kadar larutan nutrisi yang anda gunakan untuk penanaman. PH meter ini berfungsi untuk mengukur tingkat keasaman larutan nutrisi sehingga ketika kadar larutan nutrisi tidak sesuai kita bisa segera menyesuaikannya setelah kita cek menggunakan pH meter tersebut. Namun, sebelum menggunakan pH meter untuk mengukur larutan nutrisi, perlu dilakukan kalibrasi pH meter sebelum pH meter tersebut kita gunakan untuk mengecek larutan nutrisi nantinya. Adapun cara kalibrasi pH meter dapat dilakukan dengan sederhana sebagai berikut.

Kalibrasi dapat anda lakukan saat pertama kali mau menggunakan pH meter. Sebelum melakukuan kalibrasi, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan untuk proses kalibrasi sebagai berikut.

  • pH meter
  • mixed phosphate, pH 6,86 (biasanya sudah satu paket bersama pH meter saat kita membeli pH meter)
  • potassium hydrogen pHthlate, pH 4,00 (biasanya sudah satu paket bersama pH meter saat kita membeli pH meter)
  • gunting
  • 3 buah gelas ukuran minimal 250 ml
  • air aquades dengan suhu ruangan secukupnya
  • tissu

Setelah semua alat dan bahan siap, kita bisa mulai proses kalibrasi pH sebagai berikut.

  1. Tuangkan air aquades pada ketiga gelas yang telah disiapkan lalu tandai ketig agelas(misal gelas A, B dan C)
  2. Larutkan mixed phosphate, pH 6,86 di gelas A. Lalu larutkan potassium hydrogen pHthlate, pH 4,00 pada gelas B. Biarkan gelas C karena nanti untuk membilas saja.
  3. Sebaiknya lakukan kalibrasi ini di dalam ruangan, agar suhu ruangan pada air aquades bisa terjaga.
  4. Celupkan bagian elekroda pada pH meter ke gelas C beberapa saat, lalu keringkan dengan tissu.
  5. Tekan tombol “on”, lalu celupkan bagian elektroda pada pH meter ke gelas A, tunggu sampai angka yang keluar stabil.
  6. Kalau angka yang keluar sudah 6.86, berarti pH meter sudah benar.
  7. Tetapi kalau angka yang keluar belum sama dengan 6.86, anda bisa mengubahnya menjadi 6.86 dengan cara memutar skrew yang ada di bagian belakang pH meter agar angka berubah menjadi 6.86 pada pH meter kalibrasi manual. Dan pada pH meter kalibrasi otomatis, anda tinggal menekan tombol “kalibrasi” saja.
  8. Matikan pH meter lalu celupkan kembali pada gelas C dan keringkan dengan tissu.
  9. Seperti pada larutan gelas A, tekan tombol “on” lalu celupkan bagian elektroda pada pH meter ke gelas B, tunggu sampai angka yang keluar stabil.
  10. Kalau angka yang keluar sudah 4.00, berarti pH meter sudah benar.
  11. Tetapi kalau angka yang keluar belum sama dengan 4.00, anda bisa mengubahnya menjadi 4.00 dengan cara memutar skrew yang ada di bagian belakang pH meter agar angka berubah menjadi 4.00 pada pH meter kalibrasi manual. Dan pada pH meter kalibrasi otomatis, anda tinggal menekan tombol “kalibrasi” saja.
  12. Matikan pH meter lalu celupkan ke dalam gelas C.
  13. Keringkan menggunakan tissu dan proses kalibrasi telah selesai.

Sekian artikel tentang cara kalibrasi pH meter dengan cara sederhana. Bagi anda yang mau order pH meter, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *