Cara Menanam Bunga Kol Dengan Sistem Microgreen

Cara Menanam Bunga Kol Dengan Sistem Microgreen

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam sayuran di rumah merupakan salah satu hobi yang mudah untuk dilakukan di rumah. Apalagi kalau kita masih memiliki sedikit lahan yang cukup di pekarangan rumah sekedar untuk bertanam sayuran tersebut. Manfaat yang bisa didapatkan dari bertanam sayuran itu sendiri sangat menarik. Penanam bisa menikmati sendiri hasil panen dari sayuran yang mereka tanam di rumah mereka teresbut. Selain itu, bertanam di rumah sendiri juga bisa bermanfaat untuk menghiasi pekarangan rumah agar tidak terlihat gersang. Sehingga, rumah yang ditanami sayuran ini biasanya akan terlihat segar dan terlihat lebih asri pemandangannya.

Cara yang dilakukan untuk bertanam sayuran ini pun beragam, ada yang memilih untuk bertanam langsung ke tanah, ada juga yang memilih untuk bertanam secara hidroponik bagi mereka yang tidak memiliki lahan berupa tanah yang subur. Kini, ada juga cara bercocok tanam yang mudah dan bisa dicoba di kebun di rumah. Cara tersebut disebut sistem microgreen. Microgreen merupakan salah satu cara bercocok tanam yang dilakukan untuk menumbuhkan sayuran hanya sampai umur pendek saja. Disebut umur pendek karena rata-rata sayuran microgreen ini akan langsung dipanen di umur sekitar 7-14 hari saja. Namun jangan salah, sayuran yang ditanaman ini dengan sistem microgreen ini dikenal sebagai sayuran yang banyak mengandung gizi bagi tubuh.

Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditanam dengan sistem microgreen ini, kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam sayuran bunga kol dengan sistem microgreen. Sebelum memulai penanaman, berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan.

  1. benih bunga kol
  2. sekam bakar
  3. microtray
  4. penutup semaian
  5. kain kasa
  6. air secukupnya

Setelah alat dan bahan selesai disiapkan kita bisa segera memulai penanamannya. Berikut adalah step by step yang dilakukan untuk cara menanam bunga kol dengan sistem microgreen ini.

  • Penyemaian

Pertama-tama, siapkan microtray yang akan kita gunakan. Lalu gunakan kain kasa untuk menutupi lubang pada bagian bawah microtray. Caranya, lipat kain kasa kemudian letakkan pada bagian bawah microtray yang berlubang. Kemudian siapkan media tanam berupa sekam bakar dan letakkan di microtray di atas kain kasa yang telah disiapkan. Letakkan sekam bakar secara merata di atas microtray tersebut.

Lalu, tebarkan benih bunga brokoli diatas sekam bakar yang sudah tertata di microtray tersebut. Anda bisa menutup benih tersebut dengan sekam bakar disetarnya. Nah, setelah itu kita bisa menyirami semaian tersebut dengan air secukupnya dan tutup dengan penutup semaian agar segera pecah benih.

  • Perawatan

Perawatan microgreen tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Selama benih masih belum pecah benih, terus jaga kelembaban media tanam dengan menyiramnya dengan air secukupnya. Nah, setelah pecah benih, baru kita buka penutup semaian dan langsung kita kenakan dengan sinar matahari agar tanaman tidak kutilang. Selama perawatan, jaga terus kondisi media tanam setiap hari agar tidak mengalami kekeringan karena ditakutkan tanaman akan mati kalau sampai kekeringan.

  • Panen

Seperti yang disebutkan diatas, tanaman sayuran microgreen bisa dipanen di usia 7-14 hari. Nah, ukuran sayuran di umur tersebut memang masih sangat kecil. Akan tetapi, kita perlu ingat bahwa gizi yang terkandung pada sayuran tersebut cukup banyak. Adapun cara pemanenan microgreen bunga kol pun tergolong mudah. Kita tinggal menggunakan gunting untuk memotong pangkal batang pada tanaman dan sayuran microgreen siap dikonsumsi. Nah, bagi anda yang mau ordr paket microgreen ini, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.