Cara Belajar Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

Cara Belajar Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

Hidroponikuntuksemua.com – hidroponik dapat dikatakan sebagai sebuah tren masa kini yang banyak orang membicarakannya. Mulai dari media cetak hingga media sosial, hidroponik merupakan salah satu tema yang menarik untuk dibicarakan terutama bagi mereka yang hobi bertanam atau berkebun. Hidroponik sendiri sebenarnya memang masih merupakan hal baru di masyarakat indonesia pada waktu itu, sehingga bisa menjadi penambah bumbu pembicaraan yang menarik. Saat ini mungkin sudah banyak orang yang mulai bertanam hidroponik di rumah mereka, namun mungkin juga masih banyak diantara mereka yang masih bingung bagaimana cara memulainya. Namun, sebenarnya belajar hidroponik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan mengingat juga ada pemula yang baru belajar pertama kali langsung bisa panen.

Kalau anda masih pemula, anda tidak perlu khawatir karena ada tips khusus pemula yang mau belajar hidroponik dan mau langsung bisa panen. Kita tahu bahwa hidroponik merupakan salah satu sistem becocok tanam yang mengandalkan kekuatan hidro atau air. Sebenarnya sistem tanam hidroponik ini sudak dikenal sejak lama. Menurut sejarah, sistem hidroponik ini sudah dikenal sejak manusia purba di negara mesir. Negara mesir tersebut termasuk negara yang tanahnya berpadang pasir, sehingga manusia purba bertanam tidak menggunakan tanah, melainkan dengan sistem hidroponik ini. Karena sudah dikenal sejak zaman purba, tentu hidroponik menjadi sesuatu yang mudah di zaman modern ini. Berikut cara belajar hidroponik untuk pemula yang bisa anda pelajari.

-mempelajari teori dasar hidroponik

Kalau seseorang mau belajar sesuatu, maka hal pertama yang harus mereka lakukan adalah dengan mengetahui materi dasar dari sesuatu yang akan mereka pelajari tersebut. Seperti halnya kalau anda mau belajar hidroponik, anda seharusnya mempelajari teori dasar dari hidroponik ini. Belajar teori dasar hidroponik pun sebenarnya bukanlah hal yang sulit karena pada dasarnya hidroponik merupakan salah satu sistem bercocok tanam. Sebagai orang yang tinggal di negara agraris tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bercocok tanam. Dan pengetahuan tentang bercocok tanam ini bisa menjadi modal berharga saat kita belajar teori dasar hidroponik.

-mempraktekan hidroponik

Seorang narasumber dalam sebuah seminar pernah mengatakan,”teori sebagus apapun kalau tidak dipraktekan sama saja hasilnya nol(0)”. Dari situ kita bisa simpulkan bahwa selain belajar teori dasar hidropoink, kita juga harus belajar praktek hidroponik tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pemula untuk sedikit demi sedikit mempraktekan banyanknya teoti yang telah mereka pelajari. Nah, kalau anda mau praktek hidroponik ini, anda tidak diharuskan mencoba sistem hidroponik yang rumit atau sistem hidroponik yang mahal. Karena ada beberapa sistem hidroponik yang sederhana yang bisa dipraktekan dengan mudah sekaligus dengan biaya yang murah. Anda pun bisa mempraktekan hidroponik ini di lahan sempit sekalipun, karena sistem hidroponik ini tidak membutuhkan lahan yang luas pun bisa dan kita tahu juga tidak membutuhkan lahan atau tanah yang subur.

-sharing dengan teman hobiis

Dan cara belajar hidroponik yang ketiga adalah dengan sharing dengan teman hobiis hidroponik. Saat ini sudah ada media sosial yang disana sudah banyak komunitas pecinta atau hobiis hidroponik yang bersedia sharing atau berbagi dengan sesama pecinta hidroponik. Dengan begitu, anda bisa belajar dari teman hobiis atau anda bisa membagi ilmu dengan teman hobiis apabila mereka membutuhkan bantuan. Kalau anda mau belajar ketiga tips diatas, yaitu mempelajari teori dasar hidroponik, mempraktekan hidroponik, dan sharing dengan teman hobiis, anda bisa mendapatkan ketiganya di pelatihan hidroponik yang diadakan oleh kami “hidroponik untuk semua”. Nah, bagi anda yang mau ikut daftar waiting list pelatihan hidroponik ini, anda bisa daftar sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.