Cara Menanam Sayuran Daun Bawang Dengan Sistem NFT

Cara Menanam Sayuran Daun Bawang Dengan Sistem NFT

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik memang menjadi menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain bisa mengisi waktu luang, bertanam hidroponik juga bisa menghidupkan kebun kembali. Berkebun yang sehat tidak harus menggunakan tanah sebagai media tanam. Tetapi, dengan cara hidroponik ini orang bisa bertanam dengan tanpa menggunakan tanah sekalipun. Yang lebih menarik lagi orang bisa tetap berkebun meskipun dia tidak memiliki lahan yang luas di rumahnya. Hal ini dikarenakan sistem tanam hidroponik ini tidak lagi mengandalkan tanah sebagai penghasil unsur hara bagi tanaman, tetapi lebih mengutamakan dan memaksimalkan kekuatan air untuk menghasilkan unsur hara.

Kalau anda mau bertanam hidroponik, anda bisa menggunakan salah satu dari enam sistem hidroponik yang bisa anda pilih. Diantara keenam sistem hidroponik yang bisa dilakukan, sistem hidroponik NFT merupakan salah satu sistem hidroponik yang paling mudah untuk dilakukan. Sistem ini tidak hanya paling mudah, akan tetapi juga merupakan salah satu sistem yang direkomendasikan bagi para pekebun hidroponik yang mau bertanam di tingkat lanjutan atau tingkat industri. Salah sayuran industri yang bisa ditanam dengan sistem NFT ini adalah sayuran daun bawang. Sayuran daun bawang ini biasa ditanam di tanah kemudian dipanen untuk dipasarkan. Akan tetapi kini anda bisa menanam sayuran tersebut dengan cara hidroponik yaitu dengan sistem hidroponik NFT. Berikut adalah step by step untuk menanam sayuran daun bawang dengan sistem hidroponik NFT.

  • Penyemaian

Seperti pada sistem penanaman pada umumnya, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menanam sayuran daun bawang dengan sistem NFT adalah langkah penyemaian. Namun, kali ini kita akan menggunakan media semai berupa rockwool. Pertama, kita perlu membasahi rockwool kemudian tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembab. Lalu buat lubang tanam pada rockwool tersebut dan tebarkan benih pada lubang tanam yang telah dibuat. Karena tanaman daun bawang ini daunnya tumbuh keatas, maka anda bisa membuat lubang tanam dengan jarak yang dekat sehingga bisa menghemat rockwool. Nah, setelah pecah benih, sebaiknya benih langsung dikenakan sinar matahari.

  • Pindah tanam

Langkah pindah tanam dapat dimulai dengan menyiapkan rangkaian sistem NFT yang akan digunakan untuk bertanam. Pastikan rangkaian sistem NFT dirangkai dengan benar sesuai panduan yang disertakan. Kemudian, dilanjutkan dengan melarutkan nutrisi sayuran daun secukupnya. Yang perlu diperhatikan adalah dalam menakar kadar kepekatan nutrisi, yaitu kepekatan nutrisi untuk menanam sayuran daun bawang adalah 1260 – 1540 ppm. Setelah larutan nutrisi siap, tuangkan larutan tersebut pada bak nutrisi pada sistem NFT kemudian siapkan tanaman yang siap pindah tanam. Untuk cara pindah sayuran daun bawang ini, cukup potong rockwool yang tadi digunakan untuk menyemai, kemudian pindahkan tanaman bersama dengan rockwoolnya kemudian letakkan diatas netpot pada sistem NFT.

  • Perawatan dan panen

Langkah perawatan sayuran daun bawang ini cukup mudah, yaitu dengan mengontrol kadar larutan nutrisi setiap harinya. Pastikan sistem tidak kekurangan nutrisi dengan cara selalu menambah stok larutan nutrisi kalau sudah berkurang sepertiga dari volume bak nutrisi. Sedangkan untuk pengendalian hama lebih disarankan untuk menggunakan pestisida organik agar tanaman aman dari zat-zat kimia yang berbahaya. Nah, sayuran daun bawang ini dapat dipanen dengan mudah yaitu dengan mengangkat tanaman bersama rockwoolnya dan memisahkan akar tanaman dari netpot. Nah, bagi anda yang mau order sistem NFT yang mau digunakan untuk menanam sayuran daun bawang ini anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.