Cara Menanam Seledri Di Botol Bekas

Cara Menanam Seledri Di Botol Bekas

Hidroponikuntuksemua.com – seledri merupakan salah satu sayuran banyak disukai masyarakat. Sayuran yang satu ini merupakan salah satu sayuran yang tidak akan dilewatkan pada masakan favorit seperti soup dan makanan segar lainnya. Selain banyak digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, sayuran seledri juga merupakan salah satu dari jenis sayuran yang banyak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, anak kecil sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Selain baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, sayuran seledri ini juga merupakan sayuran yang juga direkomendasikan untuk orang dewasa karena berbagai manfaat yang dihasilkan oleh sayuran yang satu ini.

Sayuran yang satu ini memang merupakan sayuran yang banyak bermanfaat bagi tubuh mengingat sayuran ini tidak hanya memiliki manfaat sebagai pelangkap menu masakan saja. Adapun berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran yang satu ini salah satunya adalah sebagai sayuran yang bisa mengatasi penyakit obesitas. Hal ini disebabkan sayuran yang satu ini dipercaya sebagai salah satu sayuran yang bisa menekan rasa lapar. Tidak heran apabila orang yang sedang melakukan program diet tidak lupa untuk memasukkan sayuran seledri sebagai salah satu menu makannya. Selain manfaat diatas, sayuran seledri juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, mengatasi mata kering, obat rematik, untuk menurunkan darah tinggi hingga untuk menurunkan kolesterol.

Nah, bagi anda yang mau menanam seledri di botol bekas ini sebenarnya cara yang dilakukan pun cukup mudah. Berikut adalah step by step cara menanam seledri di botol bekas.

  • Penyemaian

Langkah penyemaian seledri merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Pasalnya menyemai seledri cukup memakan waktu yang cukup banyak. Cara penyemaian ini dimulai dengan menyiapkan rockwool kemudian basahi dengan air hingga menjadi lembab. Setelah itu, buat lubang tanam pada rockwool tersebut dan letakkan benih seledri pada lubang tanam tersebut. Agar semaian terjaga kelembabannya, tutup semaian tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau gelap. Menurut pengalaman farmer kami, proses penyemaian seledri ini bisa memakan waktu hingga 2 pekan atau paling cepat 14 hari baru bisa pecah benih. Namun, hal ini dianggap tidak masalah karena benih seledri memang membutuhkan penanganan yang berbeda dibanding dengan benih sayuran hidroponik lainnya.

  • Pindah tanam

Langkah selanjutnya adalah pindah tanam. Yang perlu dilakukan yang pertama adalah dengan menyiapkan botol bekas air mineral yang akan digunakan untuk menanam seledri ini. Botol tersebut perlu dipoton menjadi dua bagian dan bagian yang atas dibalik kemudian disatukan kembali. Larutkan nutrisi yang akan anda gunakan dengan kadar kepekatan nutrisi adalah antara 1000-1500 ppm saja. Siapkan sumbu siapkan sumbu yang menghubungkan antara larutan nutrisi dengan tanaman, kemudian pindahkan tanaman dari semaian ke botol tersebut bersamaan dengan rockwoolnya.

  • Perawatan dan panen

Meskipun tahap penyemaian benih seledri tergolong sulit dan membutuhkan kesabaran, perawatan sayuran seledri tergolong mudah. Anda cukup mengecek stok larutan nutrisi yang ada pada botol sekaligus mengecek kesehatan tanaman. Tanaman seledri ini akan menjadi lebih sehat apabila mendapatkan sinar matahari minimal 5 am per hari. Untuk mendapatkan sinar matahari pun tergolong mudah karena menanam seledri menggunakan botol bekas ini mudah dipindahkan kemana-mana. Sedangkan untuk tahap pemanenan anda bisa langsung memotong ujung batang sayuran seledri ini dan bisa langsung dikonsumsi sebagai sayuran seledri hidroponik yang sehat. Nah, bagi anda yang mau order perlengkapan penanaman seledri di botol bekas ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.