Alat Dan Bahan Untuk Bertanam Hidroponik

Alat Dan Bahan Untuk Bertanam Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – berhidroponik dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi anda yang masih pemula sekalipun. Hal ini dikarenakan hobi berhidroponik ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan dan dipraketkan. Adapun bagi mereka yang masih pemula tentu saja tidak direkomendasikan untuk bertanam sayuran yang tingkat kesulitannya tinggi. Karena ada banyak jenis tanaman dan penanaman yang mudah bagi pemula sehingga mudah untuk dipelajari. Selain mudah untuk dipraktekan, hobi berhidroponik ini ternyata banyak disukai orang-orang karena memang sudah hobi. Kita tahu bahwa hobiis hidroponik ini memiliki rasa penasaran yang besar terhadap berbagai tanaman sehingga memiliki kebebasan untuk mencoba sistem hidroponik yang baru dan membuat hobi mereka tersebut menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Hobi berhidroponik ini tentu saja harus diawali dengan pertama-tama belajar tentang bagaimana menanam tanaman hidroponik dengan benar. Kita tahu bahwa sistem tanam hidroponik ini merupakan sistem tanam yang termasuk baru di kalangan masyarakat apabila dibandingkan dengan sistem penanaman biasa pada umumnya. Sehingga wajar apabila seseorang yang suka dengan hidroponik harus belajar dari awal terlebih dahulu. Namun, sistem bertanam hidroponik ini tidaklah sulit untuk dipahami mengingat pada dasarnya sistem penanaman hidroponik ini sama dengan penanaman biasa pada umumnya. Meskipun sistem penanamannya sama, akan tetapi alat dan bahan yang digunakan untuk bertanam hidroponik ini sedikit berbeda dengan sistem penanaman biasa pada umumnya.

Adapun diantara banyaknya alat dan bahan hidroponik yang digunakan, berikut adalah beberapa alat dan bahan yang anda perlukan aabila mau bertanam tanaman dengan sistem hidroponik.

  • Rockwool

Rockwool merupakan salah satu alat yang tidak boleh dilewatkan apabila anda mau bertanam secara hidroponik. Kita tahu pada umumnya penanaman tanaman menggunakan tanah sebagai media tanam yang digunakan. Nah, pada sistem hidroponik ini kita tidak perlu lagi menggunakan tanah untuk bertanam hidroponik. Sebagai gantinya, kita menggunakan rockwool tersebut sebagai media tanam. Oleh karena itu, rockwool adalah salah satu komponen penting untuk bertanam hidroponik.

  • Netpot

Yang kedua adalah netpot. Netpot ini merupakan pasangan dari rockwool, sehingga netpot ini juga merupakan komponen penting yang tidak boleh dilewatkan. Kalau rocwool tadi merupakan media tanam sebagai pengganti tanah, netpot ini berfungsi sebagai tempat untuk menaruh rocwool tersebut. Hal ini dikarenakan sistem penanaman hidroponik dialiri air, sehingga untuk menahan rockwool agar tidak berpindah-pindah salah satunya menggunakan netpot ini.

  • Nutrisi

Alat bahan yang juga tidak boleh dilewatkan adalah berupa nutrisi hidroponik. Nutrisi hidroponik adalah bahan yang berfungsi sebagai pemasok unsur hara yang dibutuhkan tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik. Nutrisi hidroponik ini biasanya berbentuk serbuk kemudian untuk diberikan terhadap tanaman harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Dengan kata lain, nutrisi hidroponik ini adalah sebagai pengganti pupuk pada sistem penanaman tanaman pada umumnya.

  • Benih sayuran

Dan daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk bertanam hidroponik yang selanjutnya adalah benih sayuran. Benih tentu saja komponen yang tidak boleh dilewatkan apabila seseorang mau bertanam hidroponik. Kita tahu bahwa pada penanaman biasa pun benih sayuran merupakan salah satu komponen yang tidak boleh dilewatkan. Sama seperti pada penanaman pada umumnya, untuk bertanam hidroponik ini juga disarankan untuk membeli benih sayuran yang berkualitas agar penanaman hidroponik yang dilakukan dapat berjalan dengan lancara tanpa terkendala kualitas benih. Nah, bagi anda yang mau membeli benih sayuran yang berkualitas tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.