Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Menggunakan Nft Jinjing

Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Menggunakan Nft Jinjing

Hidroponikuntuksemua.com – hidroponik adalah salah satu sistem atau cara bercocok tanam yang telah banyak digunakan di indonesia. Sistem bertanam hidroponik ini kebanyakan digunakan sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan hobi masyarakat untuk bertanam sayuran sehat. Kita tahu bertanam hidroponik ini dapat dilakukan di rumah sendiri bahkan tidak memerlukan lahan yang cukup luas apabila ingin bertanam hidroponik ini. Oleh karena itu banyak hobiis hidroponik di indonesia yang telah menjalankan sistem penanaman hidroponik ini di rumah sendiri hanya untuk sekedar mengisi waktu luang. Meskipun hanya sekedar hobi, namun sistem penanaman hidroponik yang ditanam di rumah-rumah tersebut tetap bisa menghasilkan hasil penanaman yang maksimal sehingga bisa sebagai penghias kebun.

Dengan bertanam tanaman hidroponik di rumah sendiri, maka para hobiis akan lebih mudah dalam mengurus tanaman kesayangan yang mereka tanam. Adapun jenis tanaman yang bisa dipilih oleh hobiis untuk ditanam pun beragam sehingga para hobiis bisa memilih jenis tanaman yang mereka sukai untuk ditanam. Beberapa jenis tanaman yang sering dijumpai di kebun hidroponik ini diantaranya adalah beberapa jenis sayuran seperti bayam, kale, lettuce, pakcoy dan masih banyak lagi. Berbagai jenis tanaman tersebut akan tampak indah menghiasi kebun apabila telah tumbuh dengan baik dengan sistem hidroponik ini. Salah satu jenis tanaman yang disukai dan bisa ditanam dengan hidroponik adalah sayuran pakcoy. Adapun cara menanam pakcoy hidroponik menggunakan sistem nft jinjing ini pun sebenarnya bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa harus membutuhkan lahan yang khusus. Berikut ini adalah alat bahan yang diperlukan untuk bertanam pakcoy hidroponik menggunakan nft jinjing.

  1. starterkit nft jinjing
  2. benih pakcoy
  3. nutrisi hidroponik
  4. rockwool
  5. air secukupnya

Setelah semua alat dan bahan untuk bertanam pakcoy hidroponik diatas telah siap, langkah selanjutnya adalah dengan memulai tahap penanaman tanaman pakcoynya. Berikut adalah langkah-langkah penanaman pakcoy hidroponik tersebut.

  • Pertama-tama basahi rockwool hingga lembab kemudian buat lubang tanam pada rockwool tersebut menggunakan tusuk gigi atau alat semacamnya.
  • Letakkan 1-2 benih pakcoy pada lubang tanam tersebut lalu tutup semaian dengan penutup yang berwarna hitam atau gelap. Tunggu semaian tersebut hingga pecah benih.
  • Setelah pecah benih, langsung kenakan benih tersebut ke sinar matahari agar tidak kutilang. Dalam waktu 14 hari, semaian tersebut siap untuk pindah tanam.
  • Sebelum pindah tanam, persiapkan terlebih dahulu nutrisi yang dibutuhkan untuk pakcoy tersebut dengan menalrutkannya menggunakan air yang telah disiapkan. Agar larutan nutrisi tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman, buat dengan kepekatan nutrisi antara 1050-1400 ppm saja.
  • Siapkan juga sistem nft jinjing yang akan digunakan untuk menanam pakcoy hidroponik tersebut. Rangkai dengan benar starterkit nft jinjing tersebut sesuai dengan panduan yang ada bersama paket tersebut.
  • Setelah sistem nft jinjing siap, masukkan larutan nutrisi yang telah siap pada bak nutrisi pada starterkit nft jinjing tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah pindah tanam, pindahkan tanaman pakcoy yang siap pindah tanam dengan cara memindahkan tanaman bersamaan dengan rockwool yang tadi digunakan untuk menyemai.
  • Setelah tanaman selesai dipindah tanam, maka tanaman pakcoy siap untuk tumbuh dengan baik di sistem nft jinjing tersebut.

Itulah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menanam pakcoy hidroponik menggunakan nft jinjing, bagi anda yang mau order nft jinjing untuk bertanam pakcoy hidroponik di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *