Cara Menanam Buah Paprika Merah Dengan Sistem Guyurponik

Cara Menanam Buah Paprika Merah Dengan Sistem Guyurponik

Hidroponikuntuksemua.com – buah paprika merupakan salah satu buah yang tidak terlalu terkenal jika dibandingkan dengan buah populer lainnya seperti mangga, jeruk, maupun buah-buah populer lainnya. Hal ini sebenarnya memang wajar karena buah paprika yang satu ini tidak banyak berperan sebagai buah yang langsung dikonsumsi begitu saja. Namun, bukan berarti buah paprika ini tidak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Justru buah paprika merupakan salah satu dari jenis buah yang kaya manfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, buah paprika ini juga memiliki beragam macam jenis seperti paprika merah, paprika kuning, paprika ungu serta paprika mix. Dijamin orang yang mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan rugi dan bisa mendapatkan beragam manfaat dari buah yang satu ini.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa buah paprika ini memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini memang benar adanya karena menurut penelitian buah ini ternyata mengandung beberapa gizi penting bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, asam folat, betakaroten, dan likopen. Bahkan disebutkan bahwa kandungan vitamin c yang terkandung pada buah paprika tersebut bisa melebihi yang terkandung pada buah jeruk yang kita kenal kaya dengan vitamin c. Oleh karena itu, buah paprika ini sangat baik untuk tubuh kita. Adapun salah satu cara untuk mengkonsumsi buah paprika ini adalah dengan cara mencampurkannya pada menu masakan salad.

Karena buah paprika ini merupakan buah yang sangat akan manfaat, maka menanam tanaman buah paprika ini sangat dianjurkan apalagi ditanam dengan metode tanam guyurponik. Hal ini dikarenakan menanam tanaman dengan cara guyurponik pada tanaman paprika ini tidak banyak membutuhkan lahan sehingga bisa dilakukan di lahan sempit sekalipun. Bagi anda yang mau menanam buah paprika dengan cara guyurponik, berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan.

  1. benih buah paprika
  2. tusuk gigi
  3. nutrisi hidroponik
  4. rockwool
  5. sekam bakar
  6. polybag
  7. air secukupnya

Setelah semua alat dan bahan siap, maka penanaman buah paprika dengan cara guyurponik pun siap dilakukan. Berikut langkah-langkah penanamannya.

  • Pertama-tama basahi rockwool dengan air hingga rockwool dalam keadaan lembab.
  • Buat lubang tanam pada rockwool tersebut menggunakan tusuk gigi atau alat semacamnya.
  • Buka kemasan benih paprika, lalu masukkan benih paprika tersebut ke lubang tanam pada rockwool yang tadi telah siap.
  • Tutup semaian dengan sembarang penutup semaian yang berwarna hitam atau gelap. Lalu tunggu hingga benih berhasil pecah benih.
  • Setelah benih berhasil pecah benih, buka penutup semaian lalu langsung kenakan semaian ke sinar matahari agar pertumbuhan tanaman bisa optimal dan bisa segera dipindah tanam.
  • Larutkan nutrisi hidroponik yang telah disiapkan menggunakan air secukupnya dan pastikan anda menggunakan takaran kepekatan nutrisi antara 450-1600 ppm.
  • Masukkan sekam bakar pada polybag, lalu buat lubang tanam pada sekam bakar tersebut.
  • Langsung pindahkan tanaman paprika bersamaan dengan rockwoolnya ke lubang tanam yang telah siap dan tutup kembali menggunakan sekam bakar di sekitarnya.
  • Untuk pertama kali siram tanaman tersebut secukupnya menggunakan larutan nutrisi yang telah siap tersebut.

Nah, itu tadi adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menanam buah paprika menggunakan sistem guyurponik. Adapun agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik salah satu cara perawatannya adalah dengan mengenakan tanaman ke sinar matahari minimal 5 jam per hari. Nah, bagi anda yang mau order nutrisi hidroponik untuk penanaman paprika tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.