Cara Menanam Sayuran Coriander Menggunakan Powergen

Cara Menanam Sayuran Coriander Menggunakan Powergen

Hidroponikuntuksemua.com – kalau anda suka denga bertanam, maka besar kemungkinan anda juga suka dengan hidroponik. Hidroponik sebenarnya memang ada kaitannya dengan hobi bertanam. Hidroponik itu sendiri merupakan salah satu sistem bercocok tanam yang lebih mengandalkan kekuatan air. Meskipun nama sistem penanaman ini sedikit berbeda, namun pada prinsipnya sistem penanaman hidroponik ini tidak jauh berbeda dengan sistem penanaman tanaman pada umumnya. Kita tahu ada banyak sistem penanaman seperti sistem organik, aquaponik, dan muncullah nama hidroponik ini. Sistem hidroponik ini bisa dilakukan untuk menanam berbagai jenis sayuran kalau penanam hidroponik tersebut memang suka dengan tanaman yang ditanamnya.

Bertanam sayuran memang tidak ada habisnya, seperti halnya bertanam hidroponik ini. Penanam hidroponik boleh menanam tanaman apa saja yang ia sukai dalam bertanam hidroponik ini. Namun, pada umumnya sistem hidroponik ini dimanfaatkan di indonesia untuk menanam berbagai jenis sayuran. Adapun jenis sayuran yang ditanam tersebut juga beragam mulai dari sayuran seledri, lettuce, kangkung hingga sayuran coriander. Sebenarnya sistem penanaman hidroponik ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanam sayuran saja. Tetapi, karena menanam sayuran dengan sistem hidroponik ini terbukti praktis, maka pemanfaatan sistem hidroponik ini mayoritas masih digunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran tersebut. Bagi mereka yang suka dengan sayuran, maka mencoba bertanam hidroponik ini cocok untuk dilakukan.

Sistem yang digunakan untuk bertanam hidroponik pun sebenarnya juga ada beberapa pilihan sesuai dengan minat dari penanam itu sendiri. Adapun sistem hidroponik tersebut diantaranya adalah sistem wick, powergen, nft, dft, dan sistem lainnya. Biasanya orang memilih sistem hidroponik tersebut disesuaikan dengan jenis sayuran yang akan ditanam. Untuk menanam sayuran coriander ini, cocok ditanam dengan sistem hidroponik salah satunya adalah sistem powergen. Sistem powergen ini dapat ditanam dengan mudah di depan rumah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Adapun powergen ini juga mudah dipindah kemana-mana karena bobotnya yang ringan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk bertanam sayuran coriander menggunakan powergen.

  • Seperti pada sistem penanaman pada umumnya, langkah pertama dimulai dengan penyemaian benih sayuran coriander.
  • Sebelum menyemai, siapkan terlebih dahlu rockwool yang dibasahi hingga lembab, lalu buat lubang tanam di rockwool tersebut.
  • Buka kemasan benih sayuran coriander, lalu letakkan benih tersebut di lubang tanam yang telah siap.
  • Tutup semaian menggunakan penutup berwarna gelap dan tunggu hingga semaian pecah benih.
  • Setelah semaian pecah benih, langsung kenakan benih ke sinar matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan lancar.
  • Larutkan nutrisi yang berada pada paket powergen menggunakan air secukupnya. Adapun kepekatan nutrisi yang digunakan untuk menanam sayuran coriander menggunakan powergen ini adalah di kisaran 700-1120 ppm.
  • Masukkan larutan nutrisi tersebut ke pot powergen yang telah berada dalam satu paket powergen tersebut.
  • Letakkan nepot diatas pot powergen lalu isi netpot tersebut menggunakan hidroton.
  • Untuk tanaman coriander yang sudah siap pindah tanam dan memiliki daun sejati, langsung pindahkan tanaman tersebut ke netpot pada powergen bersamaan dengan rockwoolnya.
  • Setelah tanaman berhasil pindah tanam, maka sayuran coriander tersebut siap untuk tumbuh dengan baik di sistem hidroponik powergen.

Diatas adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menanam sayuran coriander menggunakan sistem hidroponik powergen. Ada baiknya untuk merawat sayuran coriander yang ditanam di sistem hidroponik coriander ini dilakukan di tempat yang terkena sinar matahari agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal. Nah, bagi anda yang mau order paket powergen untuk bertanam coriander ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.