Cara Menanam Green Pakchoy Menggunakan Sistem Hidroponik NFT

Cara Menanam Green Pakchoy Menggunakan Sistem Hidroponik NFT

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik merupakan salah satu cara bercocok tanam yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan tanah. Cara bercocok tanam hidroponik ini mulai disukai oleh para hobiis mengingat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh sistem penanaman yang satu ini. Salah satu kelebihan sistem hidroponik yang paling menonjol adalah telah disebutkan diatas yaitu sistem penanaman tanaman hidroponik tidak lagi memerlukan media tanah. Dengan sistem penanaman yang tanpa harus menggunakan tanah tersebut tentu saja akan bisa banyak menghemat lahan dibandingkan penanaman pada umumnya yang banyak memanfaatkan lahan berupa tanah tersebut. Tidak hanya itu saja, sistem penanaman hidroponik ini juga memungkinkan bagi penanaman yang hidup di perkotaan untuk mencoba sistem ini karena tidak memerlukan tanah lagi.

Selain sistem hidroponik ini tidak memerlukan tanah, sistem hidroponik ini juga mendukung digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman dari tanaman kebun hingga tanaman yang sekedar digunakan untuk hiasan saja. Berbagai tanaman kebun mulai dari kubis, kangkung, bayam, pakcoy dan sayuran lainnya hingga tanaman bunga semuanya bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik ini. Di indonesia sendiri tren bertanam hidroponik ini lebih banyak dimanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran dari pada untuk menanam tanaman hias seperti tanaman bunga dan lain-lain. Dengan menanam sayuran hidroponik di rumah, maka persediaan sayuran keluarga tidak akan kehabisan. Salah satu sayuran yang menarik untuk ditanam hidroponik di rumah adalah tanaman green pakcoy. Berikut adalah langkah-langkah untuk cara menanam green pakchoy menggunakan sistem hidroponik nft ini.

  • Penyemaian

Untuk menyemai benih green pakcoy menggunakan sistem hidroponik, yang pertama diperlukan adalah membasahi rockwool hingga dalam keadaan lembab, lalu dibuat lubang tanam pada rockwool tersebut. Lalu, buka kemasan benih green pakcoy, dan letakkan benih tersebut ke lubang tanam pada rockwool tersebut. Tutup semaian tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna gelap, lalu tunggu hingga pecah benih. Setelah benih berhasil pecah benih, maka langkah selanjutnya adalah mengenakan semaian ke sinar matahari dan tunggu hingga tanaman telah tumbuh daun sejati dan tanaman siap pindah tanam.

  • Pindah tanam

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu sistem hidroponik nft yang akan digunakan. Kemudian, larutkan nutrisi hidroponik yang akan digunakan untuk diberikan pada tanaman green pakcoy nantinya. Untuk melarutkan nutrisi hidroponik tersebut, usahakan untuk diawali dengan air yang hangat agar cepat larut, baru kemudian ditambah dengan air yang dingin. Setelah larutan nutrisi jadi, langsung masukkan larutan nutrisi tersebut ke bak nutrisi pada sistem hidroponik nft. Baru setelah itu, pindahkan tanaman yang siap pindah tanam ke sistem nft yang telah siap tersebut bersamaan dengan rockwoolnya.

  • Perawatan

Agar tanaman green pakcoy tersebut tumbuh dengan baik di sistem hidroponik nft, langkah perawatan yang perlu dilakukan adalah dengan selalu mengecek stok larutan nutrisi yang berada pada bak nutrisi. Apabila stok nutrisi tersebut telah berkurang setidaknya sepertiga dari volume bak, maka perlu dilakukan penambahan stok larutan nutrisi tersebut.

  • Panen

Tanaman green pakcoy merupakan salah satu tanaman yang banyak disukai untuk ditanam di rumah dengan sistem hidroponik nft tersebut. Karena tanaman green pakcoy ini termasuk tanaman yang mudah di panen dan masa panen sayuran tersebut hanya membutuhkan waktu 45 hari saja. Sehingga, penanam bisa langsung menikmati hasil tanam sayuran ini tanpa menunggu dengan waktu lebih lama lagi. Nah, bagi anda yang mau order sistem hidroponik nft jinjing double untuk bertanam pakcoy ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.