Cara Menanam Tanaman Parsley Menggunakan Sistem Powergen

Cara Menanam Tanaman Parsley Menggunakan Sistem Powergen

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam menggunakan sistem hidroponik memang menjadi salah satu hobi yang banyak disukai karena berbagai kelebihannya. Salah satu kelebihan bertanam hidroponik adalah bertanam dengan sistem tersebut merupakan sistem bercocok tanam yang bisa dilakukan tanpa menggunakan tanah. Hal ini tentu saja menjadi hal baru bagi masyarakat awam mengingat pada umumnya orang kalau mau bercocok tanam harus menggunakan tanah. Akan tetapi, dengan sistem hidroponik ini orang bisa tetap bercocok tanam tanpa harus menggunakan tanah. Sehingga, banyak orang yang tertarik untuk menggunakan sistem tanam hidroponik ini untuk bertanam sayuran di rumah mereka.

Selain bisa dilakukan tanpa menggunakan tanah, sistem hidroponik ini juga mendukung untuk menanam berbagai jenis tanaman yang disukai masyarakat. Kita tahu bahwa orang akan bosan apabila menanam tanaman itu-itu saja. Sehingga orang harus mengganti tanaman yang ia tanam agar tidak jenuh dalam menjlani hobi bercocok tanam tersebut. Nah, dengan bertanam  hidroponik ini orang bisa memilih tanaman apa saja yang ia inginkan untuk ditanam di kebun mereka. Adapun kebanyakan orang yang hobi bertanam hidroponik lebih memilih untuk menana berbagai jenis sayuran di kebun hidroponik mereka. Hal ini dilakukan karena menanam berbagai macam sayuran dinilai lebih efektif dan efisien karena sayuran biasanya bisa lebih cepat panen dan akan langsung bisa dimanfaatkan untuk diolah maupun digunakan sebagai lalapan.

Dan terdapat banyak jenis sayuran yang bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik ini. Mulai dari sayuan rumah seperti kangkung, bayam, kubis, hingga jenis sayuran yang jarang kita jumpai seperti pagoda, ne bay, parsley dan lain-lain. Dengan adanya banyak pilihan sayuran tersebut, maka penanam bisa memilih sayuran apa saja yang ia sukai untuk bisa bertanam hidroponik. Tidak hanya jenis sayurannya saja, sistem hidroponik itu sendiri sebenarnya juga beragam. Mulai dari sistem nft, dutchbucket, powergen dan lain-lain sehingga penanam bisa memilih sistem apa saja yang mau digunakan. Nah, bagi anda yang mau menanam tanaman parsley menggunakan sistem powergen, anda bisa menggunakan langkah-langkah penanaman berikut ini.

  • Pertama-tama siapkan rockwool yang akan digunakan untuk menyemai benih sayuran parsley.
  • Lalu, basahi rocwool dengan air secukupnya hingga enjadi lembab.
  • Buat lubang tanam di rockwool teresbut menggunakan tusuk gigi atau alat semacamnya.
  • Buka kemasan benih parsley, lalu letakkan 1-2 benih parsley pada setiap lubang tanam pada rockwool.
  • Tutup semaian menggunakan penutup semaian yang berwarna itam atau gelap agar benih bisa segera pecah benih.
  • Setelah benih pecah benih, langsung kenakan semaian ke sinar matahari agar segera tumbuh daun sejati dan bisa siap dipindah tanam.
  • Setelah semaian siap pindah tanam, siapkan terlebih dahulu bucket powergen yang siap diisi dengan larutan nutrisi hidroponik.
  • Cara pelarutan nutrisi tersebut pun bisa dilakukan menggunakan air hangat agar bisa lebih mudah larut dan bisa segera digunakan.
  • Langsung tuangkan larutan nutrisi yang siap tersebut ke bucket powergen yang telah siap tersebut.
  • Letakkan netpot diatas bucket yang telah terisi larutan nutrisi lalu langsung letakkan hidroton di netpot tersebut.
  • Kemudian, pindahkan tanaman parsley yang siap pindah tanam pada hidrtoton tersebut bersamaan dengan rockwool yang digunakan untuk menyemai tadi.
  • Lalu, tempatkan tanaman parsley tersebut di tempat yang terkena sinar matahari agar bisa tumbuh dengan optimal.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menanam tanaman parsley menggunakan sistem hidroponik powergen. Nah, bagi anda yang mau order powergen untuk bertanam di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.