Tips Agar Sayuran Hidroponik Tumbuh Subur

Tips Agar Sayuran Hidroponik Tumbuh Subur

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik merupakan salah satu hobi untuk mengisi waktu luang yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi bagi mereka yang suka dengan hobi bertanam, tentu saja bertanam hidroponik bisa menjadi salah satu hobi yang diutamakan. Karena pada dasarnya bertanam hidroponik ini tidaklah begitu sulit untuk dilakukan. Meskipun sistem bertanam hidroponik ini termasuk sistem tanam yang baru diperkenalkan di indonesia, namun bukan berarti sistem hidroponik ini menjadi sistem tanam yang rumit. Justru sistem hidroponik ini adalah salah satu sistem tanam yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa menggunakan tanah sekalipun. Prinsip penanaman yang dianut oleh sistem hidroponik ini pun kurang lebih sama dengan sistem tanam lain pada umumnya, sehingga bisa diikuti dengan baik bagi mereka yang masih pemula.

Namun, bagi mereka yang masih pemula terkadang bertanam hidroponik masih menjadi suatu hobi yang terasa awam. Sehingga, hal ini mengakibatkan adanya berbagai pertanyaan yang timbul di benak penanam mulai dari bagaimana cara memulai bertanam hidroponik hingga cara agar sayuran hidroponik bisa tumbuh subur. Oleh karena itu, penting bagi pemula untuk mempelajari sistem tanam hidroponik ini sedikit demi sedikit sehingga lebih mudah untuk dipahami. Kita tahu bahwa sistem hidroponik yang dilakukan di indonesia ini kebanyakan masih menanam berbagai jenis sayuran baik itu sayuran lokal maupun sayuran impor. Oleh karena itu, perlu diketahui juga bagaiman tips yang bisa dilakukan agar sayuran hidroponik yang ditanam tersebut bisa tumbuh subur. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar sayuran hidroponik dapat tumbuh subur.

  • Pemilihan lokasi yang tepat

Bertanam hidroponik memang dapat dilakukan tanpa harus memiliki lahan yang luas. Akan tetapi, bukan berarti penanam bisa memilih lokasi tanam dengan sesuka hati. Hal ini dikarenakan lokasi untuk bertanam hidroponik bisa mempengaruhi pertumbuhan atau kesuburan sayuran yang ditanam. Oleh karena itu, untuk menanam sayuran hidroponik ini diusahakan untuk memilih lokasi yang mudah terkena sinar matahari. Sayuran yang tumbuh di lokasi yang sinar mataharinya cukup, maka akan lebih mudah dalam berfotosintesis sehingga kesuburan tanaman juga lebih bagus.

  • Perawatan tanaman yang rutin

Setelah mendapatkan lokasi yang tepat untuk bertanam sayuran, maka langkah selanjutnya adalah dengan merawat tanaman dengan baik dan tentu saja perlu dilakukan dengan rutin. Adapun untuk merawat tanaman hidroponik berupa sayuran, maka perlu diperhatikan pertumbuhan tanaman apakah normal atau tidak. Yang juga perlu diperhatikan ketika perawatan rutin tersebut adalah apakah tanaman tersebut terserang hama ataukah tidak. Adapun hama yang paling rawan menyerang sayuran diantaranya adalah ulat dan belalang.

  • Pengecekan nutrisi secara rutin

Dan tips terakhir untuk memiliki sayuran hidroponik yang tumbuh subur adalah dengan melakukan pengecekan nutrisi secara rutin. Nutrisi hidroponik adalah larutan yang digunakan untuk memberikan unsur hara yang cukup terhadap tanaman atau sayuran hidroponik yang ditanam. Pengecekan nutrisi hidroponik tersebut dimaksudkan agar sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut tidak kekurangan nutrisi. Hal ini dikarenakan tanaman yang kekurangan asupan nutrisi atau aliran nutrisinya tidak stabil, maka kesuburan sayuran lah yang akan menjadi korban dan sayuran akan kurang subur pada akhirnya. Oleh karena itu, penting untuk mengecek volume larutan nutrisi yang berada pada bak nutrisi. Apabila stok tersebut telah berkurang setidaknya sepertiga dari volume bak, maka penambahan nutrisi perlu diakukan. Nah, bagi anda yang mau order nutrisi hidroponik untuk sayuran yang anda tanam, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.