Alat-Alat Yang Di Perlukan Untuk Membuat Hidroponik

Alat-Alat Yang Di Perlukan Untuk Membuat Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik bukan lagi menjadi hal yang sulit ditemukan. Apalagi di indonesia sistem penanaman hidroponik tersebut telah diperkenalkan dan banyak juga yang memamerkan hasil tanam hidroponik tersebut di media sosial. Maraknya orang yang bertanam hidroponik ini menegaskan bahwa sistem hidroponik merupakan salah satu sistem penanaman yang mulai diterima di indonesia dan mulai disukai oleh para penggunanya. Berbagai tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik ini bisa menghasilkan hasil tanam yang memuaskan sehingga orang ingin menanam lagi dengan sistem hidroponik tersebut. Apalagi bertanam hidroponik tidak membutuhkan lahan yang begitu luas sehingga di lahan seadanya pun seseorang tetap bisa menanam tanaman yang disukai dengan sistem hidroponik tersebut.

Kalau kita melihat di lapangan, telah banyak jenis tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut. Mulai dari tanaman selada, kangkung, bayam, hingga cabe dan tomat, semua bisa ditanam dengan baik menggunakan sistem hidroponik tersebut. Bahkan bagi mereka yang benar-benar hobi mereka bisa menanam lebih dari satu jenis tanaman di kebunnya dan memanennya untuk kebutuhan sayuran sehari-hari. Hal ini dianggap wajar mengingat sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut dikenal dapat dipanen lebih cepat dibandingkan sayuran pada umumnya. Sebagai contoh sayuran kangkung yang ditanam dengan sistem hidroponik ini dapat langsung dipanen di usianya yang baru berusia 25 hari saja.

Semakin orang menggunakan sistem hidroponik untuk bertanam sayuran, tentu saja bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk memulai. Sehingga, kini para pemula mulai mempelajari cara bertanam hidroponik ini agar bisa memulai menanam sayuran hidroponik di rumah sendiri. Pertanyaannya adalah apa saja alat-alat yang diperlukan untku membuat hidroponik tersebut? Berikut adalah alat-alat yang diperlukan untuk membuat sebuah sistem hidroponik.

  • Rockwool

Rockwool adalah alat yang paling penting yang dibutuhkan untuk membuat atau memulai sebuah sistem hidroponik. Hal ini dikarenakan pada sistem penanaman hidroponik, tanaman tidak lagi membutuhkan media tanam berupa tanah. Dan sebagai gantinya, seseorang akan menggunakan rockwool tersebut. Rockwool tersebut memiliki bentuk seperti spons dengan memiliki daya serap air yang baik sehingga cocok digunakan sebagai media tanam pada penanaman berbagai sistem hidroponik.

  • Nutrisi

Alat kedua yang juga harus dipenuhi adalah berupa nutrisi, lebih tepatnya adalah nutrisi hidroponik. Nutrisi yang dimaksud adalah nutrisi hidroponik, yaitu zat yang biasanya berupa serbuk yang digunakan sebagai penyedia unsur hara pada tanaman hidroponik yang ditanam. Penggunaan nutrisi hidroponik tersebut adalah dengan terlebih dahulu dilarutkan dengan air sebelum diberikan kepada tanaman sebagai pupuk. Salah satu kunci keberhasilan tanaman bisa tumbuh dengan baik adalah nutrisi tersebut karena memang fungsi nutrisi hidroponik bisa dikatakan sebagai gantinya pupuk. Oleh karena itu, alat berupa nutrisi hidroponik ini harus dipersiapkan sebelum memulai penanaman tanaman hidroponik anda.

  • Benih

Dan alat yang ketiga yang tidak boleh dilupakan ketika hendak bertanam hidroponik adalah benih. Benih ini bisa anda cari sesuai dengan jenis tanaman yang akan anda tanam. Kalau anda mau menanam kangkung maka anda membutuhkan benih kangkung, kalau mau menanam bayam maka anda membutuhkan benih bayam dan seterusnya. Adapun benih-benih yang ditanam dengan sistem hidroponik ini kurang lebih sama dengan benih yang ditanam dengan sistem tanam biasa pada umumnya. Sehingga, anda bisa dengan mudah mencari benih yang anda butuhkan. Adapun bagi anda yang mau paket benih, nurisi dan rockwool sekaligus, anda bisa order paket super hemat di kami. Nah, bagi anda yang mau order paket super hemat, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.