Cara Membuat Hidroponik Tower Di Pekarangan Rumah

Cara Membuat Hidroponik Tower Di Pekarangan Rumah

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik bisa dijadikan salah satu hobi yang menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang suka dengan kegiatan bertanam, tentu saja bertanam hidroponik memiliki tempat tersendiri di agenda waktu luang mereka. Sebenarnya sistem hidroponik tersebut adalah sistem penanaman yang baru di kalangan masyarakat indonesia. Namun, hal itu tidak melunturkan semangat para hobiis untuk terus mencoba sistem penanaman hidroponik tersebut untuk menanam tanaman kesukaan mereka. Dan hasil dari penanaman sistem hidroponik tersebut pun ternyata cukup memuaskan sehingga banyak yang mulai menyukai sistem penanaman hidroponik ini dan menggunakannya untuk menanam sebagai hobi untuk mengisi waktu luang mereka.

Menjadikan hidroponik sebagai salah satu hobi untuk mengisi waktu luang memang menjadi pilihan yang tepat. Banyak diantara kita yang banyak memiliki waktu luang di rumah akan tetapi tidak sadar kalau kita telah membuang waktu luang kita tersebut untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Sedangkan dengan bertanam hidroponik di rumah, maka anda akan memiliki waktu yang bermanfaat setidaknya untuk anda dan keluarga anda. Hal ini dikarenakan bertanam hidroponik ternyata selain bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, juga bisa menjadi salah satu upaya mendapatkan sayuran sehat melalui sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut. Kita tahu bahwa sayuran hidroponik merupakan sayuran yang bebas pestisida dengan pertumbuhan yang maksimal sehingga sayuran tersebut tidak terkontaminasi zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Itulah salah satu alasan mengapa hobi bertanam hidroponik ini akan banyak bermanfaat bagi anda dan keluarga tercinta.

Salah satu sistem hidroponik yang dicari-cari untuk dibuat di pekarangan rumah adalah sistem hidroponik tower. Sistem hidroponik tower ini merupakan salah satu sistem hidroponik yang bisa menghemat lahan saat bertanam. Sistem tower tersebut mengadopsi sistem tanam vertikal, sehingga sayuran yang ditanam di sistem tower tersebut memiliki susunan vertikal sehingga akan lebih banyak menghemat lahan atau menghemat tempat. Oleh karena itu, sistem ini banyak dicari dan ingin dipraktekan di halaman atau pekarangan rumah mereka. Nah, bagi anda yang mau menanam sayuran di sistem tower ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, siapkan lahan yang akan ditempati untuk penanaman sistem tower. Usahakan lokasi tersebut mudah terkena sinar matahari.
  • Lalu, siapkan sistem tower dan rangkai sistem tower tersebut sesuai dengan panduan yang berada di paket sistem tower tersebut.
  • Siapkan nutrisi hidroponik yang akan digunakan untuk mengisi bak nutrisi pada sistem tower tersebut dengan cara melarutkan nutrisi terlebih dahulu.
  • Setelah selesai melarutkan nutrisi, tuangkan larutan nutrisi tersebut ke bak nutrisi pada sistem tower anda tersebut.
  • Pastikan anda telah menyemai sayuran yang akan anda tanam di sistem tower tersebut. Adapun semaian anda tersebut hanya siap ditanam di sistem tower diatas kalau sudah siap pindah tanam.
  • Salah satu ciri-ciri semaian yang siap dipindah tanam adalah ketika telah tumbuh daun sejati pada tanaman tersebut.
  • Setelah semaian siap pindah tanam, langsung pindahkan tanaman tersebut ke sistem tower dengan cara meletakkan diatas netpot bersamaan dengan rockwoolnya.
  • Hubungkan pompa ke arus listrik, maka tanaman siap untuk tumbuh di sistem tower anda.

Demikian adalah cara membuat hidroponik toweer di pekarangan rumah. Dengan sistem tower ini, maka anda tidak perlu repot menyiram tanaman karena tanaman sudah otomatis disuplai nutrisi dari pompa yang terhubung ke arus listrik. Nah, bagi anda yang mau order sistem hidroponik tower ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

2 Comments

  1. Judul “cara membuat hidroponik sistim tower” boleh saya dikasih tutorial membuat alat hidroponik sistim tower. Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *