Ukuran Potongan Rockwool Hidroponik

Ukuran Potongan Rockwool Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik merupakan salah satu hobi yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat indonesia. Sebenarnya sistem penanaman hidroponik ini adalah hal baru yang masuk di akhir-akhir dari sistem penanaman lainnya. Namun, karena sistem penanaman hidroponik ini memiliki beberapa keunggulan yang mudah dijangkau, maka akhirnya menjadi salah satu sistem tanam yang langsung nyetel di kalangan masyarakat indonesia. Tidak hanya untuk mereka yang suka bertanam saja. Namun, sistem penanaman yang satu ini juga banyak disukai oleh para pemula yang juga tertarik dengan sistem penanaman yang satu ini. Banyak yang telah menggunakan sistem penanaman hidroponik ini untuk bertanam tanaman di rumah, di kebun maupun untuk industri hidroponik.

Kalau anda termasuk orang yang baru mengenal sistem hidroponik ini tentu saja anda juga telah mengenal salah satu alat yang bernama rockwool. Untuk menanam sayuran dengan sistem hidroponik ini memang membutuhkan alat dan bahan yang sedikit berbeda dengan sistem penanaman pada umumnya. Kita tahu bahwa bertanam identik dengan penggunaan tanah dan pupuk yang kemudian tanaman ditanam di tanah tersebut. Hal ini tentu saja membutuhkan lahan yang cukup luas apabila menggunakan sistem tanam pada umumnya. Akan tetapi, pada sistem penanaman hidroponik ini kita tidak lagi menggunakan alat-alat yang sama seperti yang disebutkan diatas. Oleh karena itu lah maka para hobiis hidroponik kemudian menggunakan salah satu alat hidroponik yang bernama rockwool tersebut.

Rockwool sendiri adalah salah satu alat yang digunakan untuk bertanam hidroponik. Rockwool termasuk salah satu komponen utama bagi anda yang mau bertanam hidroponik. Hal ini dikarenakan fungsi rockwool pada sistem penanaman hidroponik adalah sebagai media tanam. Dengan kata lain, rockwool tersebut bisa digunakan sebagai pengganti tanah pada penanaman pada umumnya. Salah satu hal yang identik dengan rockwool adalah ukuran potongan rockwool. Tentu saja bagi anda yang masih pemula masih awam dengan potongan yang cocok untuk rockwool yang akan digunakan untuk bertanam hidroponik. Olh karena itu, berikut adalah ukuran potongan rockwool hidroponik yang bisa anda coba di rumah.

  • Ukuran potongan rockwool standar

Untuk menggunakan rockwool, biasanya orang mengacu pada orang yang telah lebih dahulu mempraktekan sistem hidroponik ini. Adapun ukuran yang standar digunakan oleh para hobiis hidroponik adalah 2,5 x 2,5 x 2,5 cm. Ukuran tersebut begitu populer dan banyak digunakan oleh para pengguna hidroponik yang telah lebih dahulu mencoba. Ukuran tersebut dinilai cukup dan mudah diingat ketika hendak melakukan pemotongan saat mau memulai lagi karena menggunakan angka yang identik. Selain mudah diingat, ukuran standar ini juga cocok digunkana untuk menanam berbagai sayuran seperti sayuran lettuce, bayam, kale dan sayuran jenis lainnya. Sehingga banyak orang yang menggunakan ukuran tersebut ketika hendak menanam sayuran hidroponik.

  • Ukuran potongan rockwool dari pabrik

Selain ukuran standar diatas, ada juga ukuran potongan rockwool yang standar pabrik. Adapun ukuran yang diberikan oleh pabrik tersebut adalah 3 x 3 x 4 cm. Ukuran yang ditetapkan oleh potongan pabrik relatif lebih besar dibandingkan dengan ukuran standar diatas. Namun, tentu saja penanam akan lebih mudah untuk memulai penanaman dengan potongan pabrik tersebut karena penanam tinggal menggunakan rockwool tanpa harus memotong lagi. Adapun pemotongan yang dari pabrik ini tentu saja lebih rapi karena dipotong menggunakan mesin sedangkan kalau ukuran standar hanya dipotong menggunakan gergaji besi atau pisau roti. Nah, bagi anda yang mau order rockwool untuk bertanam hidroponik, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.