Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik

Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – daun bawang merupakan salah satu sayuran yang banyak disukai oleh masyrakat indonesia. Kita tahu negara kita indonesia ini merupakan salah satu negara yang memiliki beragam sayuran yang memiliki kegunaannya masing-masing. Selain kita mengenal berbagai sayuran hijau yang banyak digunakan sebagai lauk sehari-hari seperti kangkung, bayam, selada dan lain-lain, ada juga jenis sayuran daun bawang yang lebih dikenal sebagai sayuran topping berbagai masakan di indonesia. Meskipun sayuran daun bawang tersebut lebih dikenal sebagai sayuran pelengkap, tetapi sebenarnya bagi mereka yang kreatif, sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai jenis menu olahan yang tidak kalah enak dari menu olahan pada umumnya.

Kalau anda merupakan orang yang suka bertanam, tentu saja anda akan mengenal sayuran daun bawang ini lebih dari sekedar sebagai sayuran pelengkap saja. Karena memang sayuran daun bawang tersebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Bagi mereka yang suka mengkonsumsi sayuran daun bawang ini maka akan baik untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung dan bahkan juga baik untuk menjaga saluran pencernaan. Oleh karena itu, sebenarnya selain sayuran hijau yang sering kita temui untuk lauk sehari-hari, sebenarnya ada juga sayuran lain yang baik untuk kesehatan seperti sayuran daun bawang ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi maupun untuk menanam sayuran daun bawang tersebut.

Karena saking sukanya dengan sayuran daun bawang ini, maka orang bisa saja menanam sayuran daun bawang di rumah sehingga lebih mudah dalam mendapatkan daun bawang nantinya. Adapun cara penanaman daun bawang tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara atau sistem penanaman yang tentu saja bisa dipilih oleh penanam tersebut. Sistem penanaman yang bisa dilakukan diantaranya sistem organik, hidroponik, maupun aquaponik. Bagi anda yang mau bertanam dengan sistem hidroponik, anda bisa melakukannya di rumah sendiri atau di kebun dengan lahan yang sempit sekalipun. Berikut dibawah ini adalah cara menanam daun bawang hidroponik di rumah atau di kebun sendiri.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu benih daun bawang yang akan ditanam di sistem hidroponik.
  • Jangan dibuka terlebih dahulu kemasan benih agar bisa lebih terjaga kualitas benihnya.
  • Setelah itu, siapkan rockwool kemudian basahi rockwool hingga rockwool dalam keadaan lembab.
  • Buat lubang tanam pada rockwool tersebut menggunakan tusuk gigi atau semacamnya.
  • Buka kemasan benih daun bawang yang telah disiapkan tadi, kemudian langsung letakkan benih tersebut kedalam lubang tanam yang telah dibuat tadi.
  • Setelah itu, tutup semaaian benih daun bawang tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau berwarna gelap.
  • Tunggu semaian tersebut hingga pecah benih. Usahakan untuk menjaga kelembaban media tanam agar semaian bisa segera pecah benih.
  • Setelah pecah benih, langsung kenakan semaian ke sinar matahari dengan cara membuka penutup semaian.
  • Demaian yang siap untuk dipindah tanam biasanya memiliki umur sekitar 14 hari. Semaian tersebut bisa langsung anda pindah tanam ke sistem hidroponik yang anda inginkan.

Demikian tadi adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menanam daun bawang hidroponik di rumah. Dengan menanam sayuran daun bawang di rumah, maka anda bisa lebih leluasa untuk mendapatkan sayuran daun bawang karena tinggal petik saja tidak perlu membeli lagi. Adapun anda juga tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanam sayuran daun bawang hidroponik ini. Nah, bagi anda yang mau order benih daun bawang untuk bertanam hidroponik, anda bida order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.