Cara Menanam Hidroponik Bayam Merah

Cara Menanam Hidroponik Bayam Merah

Hidroponikuntuksemua.com – hidroponik adalah salah satu sistem penanaman tanaman yang bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan tanah. Sistem ini merupakan salah satu sistem tanam yang digemari terutama oleh para hobiis. Tentu saja di indonesia ini telah bayak masyarakat yang memiliki hobi berkebun maupun bertanam, baik itu bertanam tanaman yang bisa dipanen maupun sekedar berkebun tanaman hias. Sehingga, bagi mereka berkebun hidroponik bisa menjadi salah satu alternatif sistem yang bisa diterapkan di kebun atau tamannya masing-masing. Adapun berkebun hidroponik ini juga cocok mereka gunakan untuk menanam baik tanaman yang bisa dikonsumsi maupun tanaman hias saja. Apalagi sistem penanaman hidroponik tersebut juga cocok dilakukan di depan rumah tanpa harus memiliki kebun yang luas.

Di indonesia sendiri, sistem penanaman hidroponik tersebut sudah menjadi salah satu sistem yang mulai dikenal masyarakat. Memang benar kalau sistem hidroponik tersebut merupakan salah satu sistem tanam yang baru jika dibandingkan dengan sistem organik maupun sistem penanaman lainnya. Namun, bukan berarti sistem hidroponik tersebut sulit untuk dilakukan. Adapun sekarang ini sistem hidroponik telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk menanam berbagai jenis sayuran baik itu sayuran daun maupun sayuran buah. Dengan menanam sayuran tersebut maka penanam bisa langsung menikmati hasil tanam hidroponiknya masing-masing apabila telah berhasil panen.

Salah satu jenis sayuran yang menarik untuk ditanam hidroponik adalah sayuran bayam merah. Adapun cara menanam hidroponik bayam merah tersebut bisa dipraktekan di rumah dengan cara penanaman hidroponik tersebut. Bisanya menanam sayuran identik dengan menanam berbagai jenis sayuran berwarna hijau seperti selada, kangkung, sawi dan lain-lain. Akan tetapi dengan menanam sayuran bayam merah ini maka penanaman hidroponik akan semakin menarik karena tidak biasa dilakukan. Adapun cara menanam hidroponik bayam merah tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan sistem hidroponik di rumah tanpa harus menggunakan kebun yang cukup besar. Adapun jenis sistem yang akan kita gunakan adalah sistem hidroponik NFT. Berikut adalah langkah-langkah untuk menanam hidroponik bayam merah.

  • Pertama-tama, siapkan rockwool lalu basahi rockwool tersebut hingga dalam keadaan lembab.
  • Buat lubang tanam pada rockwool yang telah lembab tersebut.
  • Buka kemasan benih bayam merah, lalu letakkan benih tersebut di lubang tanam yang telah disiapkan.
  • Tutup semaian menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau berwarna gelap.
  • Setelah pecah benih, buka semaian dan tunggu hingga semaian tersebut siap untuk pindah tanam.
  • Siapkan sistem NFT yang akan digunakan lalu larutkan nutrisi sayuran daun untuk sistem tersebut.
  • Pelarutan nutrisi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu agar bisa lebih mudah larut.
  • Setelah larutan nutrisi siap, tuangkan larutan nutrisi tersebut ke bak nutrisi dalam sistem NFT yang telah disiapkan tersebut.
  • Untuk pindah tanam, pilih semaian yang telah memiliki daun sejati lalu langsung pindahkan tanaman tersebut diatas netpot pada sistem NFT.
  • Setelah selesai, hubungkan pompa didalam sistem NFT tersebut ke arus listrik, dan sistem NFT siap menumbuhkan sayuran bayam merah anda.

Demikian adalah cara menanam hidroponik bayam merah yang bisa anda praktekan di rumah. Adapun menanam bayam merah dengan sistem NFT ini akan lebih memudahkan bagi anda karena sistem NFT tersebut tidak banyak memakan tempat. Sehingga, dengan lahan seadanya anda bisa menanam tanaman bayam merah anda. Nah, bagi anda yang mau order benih bayam merah anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.