Cara Semai Terong Ungu Media Rockwol

Cara Semai Terong Ungu Media Rockwol

Hidroponikuntuksemua.com – terong merupakan salah satu jenis sayuran yang telah banyak dimanfaatkan untuk banyak menu olahan di indonesia. Salah satu keunikan dari terong ini adalah terkadang seseorang masih bingung apakah terong tersebut tergolong jenis buah atau tergolong jenis sayuran. Karena kita tahu bahwa untuk mendapatkan gizi seimbang, kita disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang seimbang. Nah, oleh karena itu terong ini digolongkan sebagai sayuran lebih tepatnya adalah sayuran buah. Adapun jenis sayuran lain yang tergolong sayruan buah tersebut diantaranya adalah berbagai sayuran buah tomat, paprika maupun cabai. Seperti sayuran pada umumnya, sayuran buah terong ini juga memiliki banyak kandungan gizi yang banyak sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Jenis terong yang kita bahas kali ini adalah jenis terong ungu. Adapun sayuran buah terong sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis buah terong seperti terong hitam, terong putih, terong lalap dan terong ungu yang kita bahas kali ini. Semua jenis terong tersebut sangat disarankan untuk dimasukkan ke menu makan kita dikarenakan kandungan gizi yang banyak pada sayuran buah terong tersebut. Adapun pada sayuran buah terong ungu ini lebih dikenal memiliki kandungan gizi berupa kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien. Sehingga, terong ungu tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kolesterol maupun untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh manusia.

Saat ini bagi anda yang mau mengkonsumsi terong ungu ini anda tidak perlu lagi membeli di pasar. Karena anda bisa menanam tanaman terong ungu ini di halaman rumah anda. Adapun menanam terong ungu di pekarangan rumah ini sudah mulai dilakukan terutama bagi mereka yang memang hobi berkebun dan mau berkreasi untuk menanam tanaman terong ungu yang unik ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menanam tanaman terong ungu di rumah tersebut adalah dengan menanamnya menggunakan sistem hidroponik. Adapun penyemaian benih tanaman hidroponik tersebut tentu saja dilakukan menggunakan rockwool. Lalu, seperti apa cara semai terong ungu media rockwool tersebut? Berikut adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menyemai benih terong ungu menggunakan rockwool.

  • Langkah pertama yang dilakukan tentu saja adalah dengan menyiapkan rockwool yang akan digunakan untuk menyemai.
  • Basahi rockwool tersebut hingga dalam keadaan lembab, lalu buat lubang tanam pada rockwool tersebut.
  • Untuk membuat lubang tanam, anda bisa menggunakan tusuk gigi atau alat semacamnya.
  • Setelah itu, buka kemasan benih terong ungu, lalu letakkan benih tersebut kedalam lubang tanam yang telah dipersiapkan diatas.
  • Langsung tutup semaian menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau gelap dan tunggu hingga pecah benih.
  • Setelah benih pecah benih, buka penutup semaian dan kenakan semaian tersebut ke sinar matahari agar bisa tumbuh dengan maksimal.
  • Terus jaga kelembaban semaian agar bisa segera tumbu daun sejati.
  • Apabila semaian terong ungu tersebut telah tumbuh daun sejati, maka semaian tersebut telah berhasil dan siap untuk dipindah tanam ke sistem yang anda inginkan.

Demikian tadi adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk semai terong ungu menggunakan media rockwool. Adapun menyemai terong ungu menggunakan media rockwool ini memang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan cara penyamaian dengan menggunakan tanah atau media lain. Namun, salah satu kelebihan menyemai menggunakan rockwool sendiri adalah memiliki daya serap air yang baik untku tanmaan. Nah, bagi anda yang mau order media tanam rockwool tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.