Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menanam Hidroponik

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menanam Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – hidroponik merupakan salah satu sistem bertanam yang kini telah banyak digunakan sebagai hobi. Bagi mereka yang suka berkebun, bertanam hidroponik sudah menjadi salah satu hal yang harus dilakukan karena memang menanam hidroponik tersebut menjadi hobi mereka. Berbagai tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik pun bisa beragam sesuai dengan keinginan si penanam tersebut. Sehingga, para hobiis hidroponik tersebut tidak mudah bosan dengan hobinya tersebut dan justru semakin kreatif dalam menanam berbagai tanaman hidroponik yang mereka tanam. Mulai dari tanaman kecil seperti sayuran selada dan sawi, hingga tanaman buah seperti cabai dan tomat semua bisa ditanam dengan sistem hidroponik tersebut.

Di indonesia sendiri, cara penanaman hidroponik tersebut kebanyakan digunakan untuk menanam tanaman berupa sayuran rumahan yang menyehatkan. Sehingga, para penanam hidroponik tersebut selain bisa menyalurkan hobinya untuk bertanam hidroponik, mereka juga bisa mendapatkan sayuran sehat yang dihasilkan oleh sistem hidroponik yang mereka jalankan. Sebenarnya sistem hidroponik tersebut tidak hanya bisa dilakukan atau dimanfaatkan untuk sekedar hobi saja. Karena, sistem hidroponik tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis atau industri. Adapun bisnis atau industri hidroponik tersebut bisa berupa kebun hidroponik yang menjual sayuran hidroponik yang sehat. Jika dilihat dari peluang yang ada, tentu saja bisnis hidroponik tersebut berpeluang untuk bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Namun, kebanyakan para pecinta hidroponik memang lebih memilih untuk menggunakan sistem hidroponik tersebut untuk sekedar menayalurkan hobi saja. Adapun dibawah ini adalah apa saja yang dibutuhkan untuk menanam hidroponik tersebut.

  • Rockwool

Rockwool menjadi salah satu alat atau bahan yang harus disediakan untuk bisa bertanam dengan sistem hidroponik. Kita tahu dalam sistem hidroponik tersebut kita tidak lagi menggunakan tanah. Dan itulah fungis rockwool tersebut yaitu untuk digunakan sebagai pengganti tanah yaitu sebagai media tanam. Rockwool sendiri adalah bahan yang terbuat dari batuan yang dipanaskan. Rockwool tersebut memiliki sifat menyerap air dan bisa menyimpan air hidroponik dengan baik. Sebenarnya ada beberapa media tanam lain yang bisa digunakan untuk bertanam hidroponik ini. Akan tetapi, rockwool ini lah yang paling sering digunakan karena kemudahan yang ditawarkan.

  • Nutrisi

Nutrisi adalah bahan dalam hidroponik yang digunakan sebagai salah satu komponen yang penting yaitu sebagai pemberi unsur hara pada tanaman. Dengan kata lain, nutrisi hidroponik tersebut merupakan pengganti pupuk yang digunakan pada penanaman tanaman pada umumnya. Nutrisi hidroponik tersebut biasanya digunakan sesuai dengan jenis sayuran yang ditanam. Kalau anda menanam sayuran daun maka anda disarankan untuk menggunakan nutrisi sayuran daun. Sedangkan kalau menanam sayuran buah maka yang digunakan adalah nutrisi sayuran buah hidroponik.

  • Benih

Benih tentu saja menjadi bahan yang harus disediakan untuk bertanam hidroponik. Benih sayuran tersebut kurang lebih sama dengan benih yang ditanam di penanaman konvensional pada umumnya. Untuk mendapatkan benih, anda bisa melakukan pembenihan sendiri atau membeli.

  • Sistem hidroponik

Dan alat terakhir yang dibutuhkan untuk menanam hidroponik adalah berupa sistem hidroponik. Sistem hidroponik tersebut merupakan alat yang paling utama yang digunakan untuk menanam tanaman hidroponik tersebut. Kita tahu ada banyak pilihan sistem dalam hidroponik yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan dari penanam itu sendiri. Adapun untuk pemula lebih disarankan untuk menggunakan sistem hidroponik yang mudah seperti sistem wick hidroponik. Nah, bagi anda yang mau order sistem wick hidroponik tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

2 Comments

  1. Yth. Red.Hydrophonic
    Terima Kasih untuk kirimannya selama ini, selanjutnya mohon saya tidak dikirimi lagi berbagai artikel ataupun penawaran, sehubungan dengan keadaan saya tidak bisa lagi menerima kiriman tsb.
    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.