Hidroponik Tanpa Nutrisi, Apakah Bisa?

Hidroponik Tanpa Nutrisi, Apakah Bisa?

Hidroponikuntuksemua.com – bertanam hidroponik memang masih terdengar awam dikarenakan sistem penanaman yang satu ini memang masih baru jika dibandingkan dengan sistem penanaman lainnya. Namun, meskipun sistem penanaman ini masih baru, bukan berarti sistem penanaman ini tidak banyak dilakukan karena sebenarnya sistem hidroponik ini telah menjadi salah satu hobi yang digemari oleh masyarakat. Para hobiis hidroponik tersebut tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk menyalurkan hobi bertanamnya tersebut, karena memang hobi bertanam hidroponik tersebut bisa dilakukan di lahan seadanya bahkan bisa dilakukan di halaman maupun di depan rumah. Sehingga, banyak hobiis hidroponik yang bisa dengan mudah menyalurkan hobi bertanam hidroponiknya tersebut.

Sebagai salah satu hobi yang mulai banyak digemari oleh masyarakat, sistem penanaman hidroponik ini memiliki banyak kelebihan yang memudahkan penanamnya dalam melakukan perawatan terhadap tanaman yang ditanam. Salah satu kelebihan sistem hidroponik yang banyak disukai oleh masyarakat adalah bahwa sistem hidroponik ini dapat dilakukan tanpa menggunakan tanah. Kita tahu bahwa kebanyakan sistem penanaman tanaman dilakukan dengan menggunakan tanah sebagai media tanam. Akan tetapi, sistem hidroponik ini bisa dilakukan tanpa menggunakan tanah tersebut. Sehingga, bagi mereka yang tinggal di daerah yang tanahnya kurang subur, sistem hidroponik ini cocok untuk dilakukan dan dipraktekan. Sebagai pengganti tanah, sistem hidroponik tersebut menggunakan media tanam pengganti yaitu rockwool. Adapun alat dan bahan untuk bertanam hidroponik pun juga bermacam-macam salah satunya adalah nutrisi hidroponik.

Nutrisi hidroponik tersebut termauk salah satu alat atau bahan yang digunakan untuk bertanam hidroponik. Dikarenakan nutrisi hidroponik tersebut tidak semua toko memiliki, maka timbul pertanyaan apakah hidroponik tanpa nutrisi bisa dilakukan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu saja perlu diketahui terlebih dahulu dasar dari bertanam hidroponik itu sendiri. Dengan mengetahui dasar penanaman hidroponik tersebut, maka kita bisa mengetahui apakah sistem penanaman hidroponik tersebut bisa dilakukan tanpa menggunakan nutrisi. Dengan kata lain, mungkinkan tanaman yang kita tanam dengan hidroponik tersebut bisa tumbuh tanpa menggunakan nutrisi sedikitpun?

Nutrisi hidroponik yang digunakan dalam setiap penanaman tanaman hidroponik tersebut merupakan pembawa unsur hara bagi tanaman yang ditanamnya. Dengan kata lain, nutrisi hidroponik tersebut dapat dikatakan sebagai pupuknya tanaman yang ditanam menggunakan sistem hidroponik. Sehingga, tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut hanya memiliki satu sumber unsur hara yang mereka butuhkan yaitu dari nutrisi hidroponik tersebut. Sehingga apabila nutrisi hidroponik tersebut tidak tersedia di sistem penanaman hidroponik, maka dapat dipastikan bahwa tanaman akan mati dikarenakan tidak mendapatkan asupan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Oleh karena itu, maka pertanyaan tentang bertanam hidroponik tanpa nutrisi tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan.

Dikarenakan pentingnya nutrisi untuk tanaman hidroponik, maka penting bagi para hobiis untuk memperhatikan nutrisi yang mereka berikan terhadap tanaman hidroponik yang mereka tanam. Nutrisi hidroponik sendiri dibagi menjadi beberapa macam salah satunya adalah nutrisi sayuran daun untuk tanaman hidroponik sayuran daun, dan nutrisi sayuran buah untuk tanaman hidroponik sayuran daun. Perbedaan macam nutrisi tersebut apabila tidak diperhatikan tentu saja juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman hidroponik yang ditanam. Oleh karena itu, selain menyiapkan nutrisi hidroponik agar tanaman mendapatkan unsur hara, juga penting untuk memilih nutrisi yang cocok untuk tanaman hidroponik yang akan anda tanam. Nah, bagi anda yang mau order nutrisi hidroponik sayuran daun maupun sayuran buah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.