Cara Tanam Sayur Hidroponik Dari Botol Mineral Bekas

Cara Tanam Sayur Hidroponik Dari Botol Mineral Bekas

Hidroponikuntuksemua.com – hidroponik merupakan salah satu sistem penanaman yang kini mulai banyak digunakan oleh para hobiis di indonesia. Kita tahu bahwa selai sistem hidroponik, indonesia memiliki beberapa sistem penanaman yang sudah cukup lama digunakan seperti sistem organik, aquaponik, maupun penanaman konvensional. Dan dengan masuknya sistem hidroponik di indonesia menjadikan masyarakat memiliki pilihan yang cukup banyak untuk memilih sistem penanaman yang akan mereka gunakan. Karena kita tahu bahwa di indonesia sendiri banyak hobiis bertanam yang sudah lama memulai penanamannya tersebut dan bisa saja mengalam kejenuhan di waktu-waktu tertentu. Apalagi bagi mereka yang melakukan kegiatan bertanam tersebut hanya untuk mengisi waktu luang tentu saja berharap kegiatan yang mereka lakukan tersebut bisa menjadi salah satu kegiatan mengisi waktu luang yang menyenangkan.

Masuknya sistem penanaman hidroponik di indonesia tentu saja menjadi hal yang positif karena bisa menambah opsi pilihan sistem penanaman yang akan digunakan. Banyak para pekebun yang diuntungkan dengan kehadiran sistem penanaman hidroponik tersebut. Namun, disisi lain masuknya sistem hidroponik tersebut bisa juga menjadi hal yang kurang familiar bagi sebagian orang sehingga kesulitan untuk bertanam menggunakan sistem hidroponik tersebut. Hal tersebut tentu saja adalah hal yang waja mengingat sistem hidroponik sendiri adalah sistem penanaman yang masih baru sehingga wajar kalau sebagaian orang masih awam terhadap sistem penananaman sayuran yang satu ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah penanaman sayuran menggunakan sistem hidroponik tersebut adalah dengan memulai bertanam menggunakan sistem hidroponik yang sederhana terlebih dahulu. Dengan memulai sistem penanaman yang sederhana tersebut maka diharapkan akan lebih mempermudah penanaman dalam menguasai sistem hidroponik tersebut. Apalagi bagi mereka yang sudah familiar dengan bercocok tanam, tentu saja akan lebih mudah karena pada prinsipnya sistem hidroponik tersebut kurang lebih sama dengan prinsip pada sistem penanaman lainnya. Salah satu cara penanaman sederhana yang bisa dilakukan dengan sistem hidroponik adalah dengan menanam sayuran dari botol mineral bekas. Berikut ini adalah cara tanam sayur hidroponik dari botol mineral bekas.

  1. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu botol mineral bekas.
  2. Potong bagian samping pada botol mineral tersebut yang nantinya botol tersebut akan digunakan sebagai wadah media tanam.
  3. Lalu, siapkan sekam bakar dan nutrisi hidroponik.
  4. Untuk nutrisinya, larutkan dengan nutirsi tersebut menggunakan air dan dengan kadar ppm dan ph yang disesuaikan dengan jenis sayuran yang akan ditanam.
  5. Letakkan sekam bakar tersebut kedalam botol mineral bekas yang sudah siap untuk digunakan sebagai wadah.
  6. Setelah itu, buat lubanga tanam pada sekam bakar untuk persiapan pindah tanam.
  7. Ambil semaian sayuran yang sudah siap untuk pindah tanam. Adapun salah satu ciri-ciri semaian yang sudah siap untuk pindah tanam adalah yang telah memiliki daun sejati.
  8. Langsung pindahkan semaian yang siap pindah tanam ke lubang tanam yang telah disiapkan.
  9. Setelah itu, siram tanaman menggunakan larutan nutrisi yang tadi telah siap.
  10. Tanaman siap tumbuh dengan hidroponik di botol mineral bekas.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa digunakan untuk menanam sayuran hidroponik menggunakan botol mineral bekas. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan sayuran yang ditanam di botol mineral bekas tersebut. Langkah perawatan yang bisa dilakukan pun cukup mudah yaitu dengan melakukan peemberian laruan nutrisi setiap hari dan langkah untuk mengenakan tanaman ke sinar matahari minimal 5 jam perhari. Sehingga, cukup dilakukan dengan peralatan hidroponik yang sederhana saja. Nah, bagi anda yang mau order paket penanaman hidroponik sederhana, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.