Cara Menanam Sayuran Organik

Cara Menanam Sayuran Organik

Hidroponikuntuksemua.com – berkebun sudah menjadi hobi yang banyak dilakukan oleh masyarakat indonesia. Selain menjadi salah satu hobi yang menyenangkan untuk dilakukan, berkebun juga menjadi kegiatan yang banyak memberi manfaat bagi para pekebun itu sendiri. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan berkebun sendiri adalah sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang. Adapun manfaat lain yang bisa didapatkan adalah sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghijaukan bumi kembali. Sehingga, dengan melakukan hobi berkebun tersebut para pekebun tidak hanya bisa mendapatkan satu keuntungan saja tetapi juga bisa mendapatkan banyak manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun untuk lingkungan sekitar.

Hobi berkebun bisa dilakukan di pekarangan rumah sendiri maupun di kebun yang memang khusus untuk dilakukan penanaman. Namun, untuk mempermudah proses penanaman banyak pekebun yang memilih untuk menggunakan lahan di rumah seadanya untuk bisa menjalankan hobi yang satu ini. Selain itu, terdapat banyak jenis tanaman yang bisa dilakukan penanaman sehingga mudah bagi penanam untuk memilih jenis tanaman yang akan mereka tanam. Adapun bagi banyak pemula menanam jenis tanaman sayuran menjadi salah satu tanaman yang menarik karena selain mudah untuk dilakukan juga memiliki manfaat yang lebih bagi penanaman dengan sayuran yang bisa dipanen tersebut. Sehingga tidak heran kalau banyak pekebun yang lebih memilih menanam sayuran di kebunnya dibandingkan dengan tanaman lainnya karena memang relatif lebih mudah.

Bagi para penanam, menanam sayuran tidak harus dilakukan dengan sistem hidroponik yang pada dasarnya membutuhkan beberapa peralatan yang terkadang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Sehingga, mereka lebih memilih untuk menanam sayuran dengan sistem lain yang tidak membutuhkan biaya yang banyak. Di indonesia sendiri terdapat banyak sistem penanaman yang bisa dipilih untuk digunakan sebagai sistem yang dipilih untuk menanam sayuran tersebut mulai dari sistem organik, aquaponik maupun sistem konvensional. Menanam sayuran dengan menggunakan sistem organik merupakan salah satu sistem penanaman yang bisa dipilih dan bisa menghasilkan hasil tanam yang menguntungkan bagi penanam itu sendiri karena banyak sayuran organik yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah langkah demi langkah untuk cara menanam sayuran organik.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu starterkit yang akan digunakan untuk menanam sayuran dengan sistem organik.
  • Setelah itu, siapkan sekam bakar, pupuk kohe dan tanah secukupnya dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut di tempat terpisah hingga tercampur dengan merata. Gunakan campuran tersebut menjadi media tanam penanaman organik
  • Masukan media tanam yang telah siap tersebut ke starterkit organik yang telah disiapkan tersebut.
  • Buat lubang tanam pada media tanam yang telah dimasukan kedalam starterkit tersebut.
  • Setelah itu, siapkan benih sayuran yang akan ditanam dengan sistem organik.
  • Masukan benih kedalam lubang tanam secukupnya lalu tutup kembali menggunakan media tanam disekitarnya.
  • Setelah itu, siramkan sedikit air ke media tanam sampai media tanam dalam keadaan lembab.
  • Tunggu hingga pecah benih dan sayuran siap tumbuh dengan sistem organik.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penanaman sayuran dengan sistem organik. Dengan ditanam menggunakan sistem organik tersebut maka sayuran yang ditanam akan memiliki kualitas gizi yang lebih baik dibadingkan sistem konvensional dikarenakan sayuran yang ditanam hanya ditanam dengan alat dan bahan yang berasal sari zat-zat organik yang alami. Selain itu, kebutuhan akan sayuran untuk keluarga juga bisa tercukupi dengan hasil penanaman sayuran dengan sistem organik tersebut. Nah, bagi anda yang mau oder benih sayuran, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *