Cara Menanam Bayam Merah Hidroponik

Cara Menanam Bayam Merah Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang dengan hobi. Semua orang tentu saja memiliki hobi yang paling mereka sering lakukan. Namun, mungkin saja hobi yang mereka lakukan tersebut berbeda dengan orang lain. Bagi sebagian orang, memasak bisa menjadi salah satu hobi yang menyengkan untuk dilakukan. Namun, ada juga yang memilih untuk menggeluti hobi bertanam sebagai hobi yang mereka lakukan. Hal tersebut tentu saja wajar mengingat setiap orang memiliki prinsipnya sendiri. Adapun bagi mereka yang memiliki hobi bertanam, kegiatan bertanam tentu saja sudah menjadi makanan sehari-hari yang sudah tidak asing lagi untuk dilakukan. Selain itu, hobiis bertanam tersebut juga secara tidak langsung bisa mendapatkan manfaat yang didapatkan dari hobinya tersebut.

Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memiliiki hobi bertanam tersebut. Manfaat pertama tentu saja adalah hobiis akan bisa lebih memanfaatkan waktu yang mereka miliki dengan kegiatan yang lebih bermanfaat yaitu dengan bertanam tersebut. Namun, disamping itu juga ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari hobi bertanam tersebut. Salah satu manfaatnya tersebut adalah ketika masa panen tiba, maka hobiis bertanam bisa langsung menikmati hasil penanamannya tersebut tanpa harus membayar dan langsung bisa petik sendiri di kebun. Selain itu, secara tidak langsung mereka juga telah tergabung menjadi salah satu komunitas yang ikut menghijaukan bumi kembali atau go green akibat pemanasan global.

Sayuran menjadi jenis tanaman yang paling banyak ditanam oleh para penanam tersebut. Hal tersebut tentu saja bukanlah sebuah kebetulan mengingat ada banyak keunggulan dari tanaman dari jenis sayuran tersebut sehingga banyak dilakukan penanaman. Salah satu sayuran yang bisa ditanam adalah sayuran bayam merah. Sayuran bayam merah tersebut memiliki sedikit perbedaan yaitu pada daun dan batangnya yang berwarna merah sehingga disebut bayam merah. Untuk menanam sayuran bayam merah tersebut para hobiis bisa menggunakan sistem penanaman hidroponik yang bisa dilakukan tanpa menggunakan tanah. Sehingga, bisa dilakukan oleh siapa saja terutama bagi mereka yang sulit menemukan tanah yang subur. Nah, berikut ini adalah step by step untuk cara menanam bayam merah hidroponik.

  • Langkah pertama tentu saja adalah penyemaian benih terlebih dahulu. Untuk menyemai benih bayam merah anda bisa menggunakan rockwool yang mudah menyerap air.
  • Semai benih bayam tersebut menggunakan rockwool yang lembab dan tunggu hingga semaian tersebut siap untuk pindah tanam.
  • Setelah itu, siapkan terlebih dahulu sistem nft hidroponik yang akan digunakan untuk pindah tanam semaian bayam merah nantinya.
  • Larutkan nutrisi hidroponik yang akan digunakan untuk penanaman bayam merah hidroponik di sistem nft hidroponik tersebut. Adapun untuk kadar kepekatan nutrisi untuk bayam merah pada larutan nutrisi tersebut adalah antara 1260-1610 ppm.
  • Setelah sistem dan larutan nutrisi siap, langsung lakukan pindah tanam pada semaian bayam merah yang sudah siap untuk pindah tanam.
  • Apabila pindah tanam telah selesai dilakukan, maka tanaman bayam merah siap untuk tahap perawatan di sistem nft hidroponik tersebut.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penanaman terhadap tanaman bayam merah hidroponik. Salah satu tips untuk berhasil melakukan penanaman tanaman bayam merah menggunakan sistem hidroponik adalah pada tahap saat mengukur larutan nutrisi. Untuk bisa melakukan pengukuran yang tepat maka dibutuhkan alat ukur nutrisi yang akurat yaitu berupa tds meter. Nah, bagi anda yang mau order TDS meter untuk pengukuran larutan nutrisi hidroponi, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.