Cara Menanam Sayuran Di Sistem Wick Hidroponik

Cara Menanam Sayuran Di Sistem Wick Hidroponik

Hidroponikuntuksemua.com – ada banyak tanaman yang bisa diitanam di rumah, mulai tanaman yang berukuran kecil seperti sayuran hingga yang berukuran besar seperti pohon kelapa. Namun, sebagaian hobiis berkebun lebih memilih untuk menanam tanaman yang kecil dari pada menanam tanaman yang besar. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menanam tanaman yang kecil tersebut. Selain lebih mudah untuk merawat maupun mengawasi tanaman, tanaman yang kecil tersebut tentu saja tidak memakan banyak tempat ketika ditanam sehingga penanam bisa lebih leluasa untuk menanam tanaman sebanyak-banyaknya. Apalagi saat ini para hobiis bertanam sangat dimanjakan dengan banyaknya pilihan tanaman yang bisa ditanam dan ditambah lagi dengan banyaknya jenis sistem penanaman yang bisa digunakan sesuai dengan ketersediaan peralatan di kebun.

Memang telah terdapat banyak pilihan sistem penanaman yang kini bisa digunakan oleh para hobiis berkebun di indonesia. Dulunya kegiatan bertanam hanya bisa dilakukan dengan cara itu-itu saja yang terkesan membosankan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, kini telah banyak bermunculan sistem penanaman baru yang ternyata bisa dilakukan di negara indonesia yang memiliki iklim tropis ini. Mulai sistem penanaman organik, konvensional hingga sistem hidhroponik semua bisa dilakukan di indonesia yang memiliki iklim tropis ini. Salah satu sistem penanaman yang baru dan masih belum banyak digunakan adalah sistem hidroponik.

Sistem penanaman hidroponik merupakan salah satu sistem penanaman tanaman yang bisa dilakukan di indonesia dan merupakan salah satu sistem penanaman yang baru. Sehingga, wajar kalau masih banyak masyarakat yang masih belum familiar dengan sistem penanaman yang satu ini. Adapun bagi anda yang mau bertanaman sayuran dengan menggunakan sistem hdiroponik ini sebenarnya tetap bisa dilakukan, karena pada dasarnya sistem penanaman hidroponik tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Adapun salah satu sistem penanaman hidroponik yang dianjurkan untuk pemula adalah sistem hidroponik dengan sistem wick. Berikut adalah cara menanam sayuran di sistem wick hidroponik yang bisa anda lakukan di kebun.

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan tentu saja adalah langkah untuk penyemaian benih sayuran yang akan ditanam dengan menggunakan sistem wick hidroponik tersebut.
  2. Lakukan penyemaian dengan menggunakan rockwool yang telah dibasahi dan dibuat lubang tanam.
  3. Jangan lupa untuk meutup semaian dengan menggunakan penutup yang berwarna gelap agar cepat pecah benih.
  4. -setelah itu, siapkan starterkit sistem wick yang akan digunakan untuk penanaman sayuran hidroponik sistem wick tersebut.
  5. -larutkan nutrisi hidroponik yang disesuaikan dengan jenis sayuran yang anda tanam.
  6. -apabila nutrisi telah siap, langsung tuangkan pada sistem wick yang telah disiapkan tersebut.
  7. -pilih semaian yang sudah siap pindah tanam. Salah satu ciri semaian yang siap pindah tanam adalah yang telah memiliki daun sejati.
  8. -pindahkan semaian yang siap pindah tanam tersebut ke sistem wick hidroponik dengan cara meletakkannya didalam netpot.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penanaman sayuran di sistem wick hidroponik. Dikarenakan sistem penanam hidroponik tersebut memiliki prinsip yang sama dengan sistem penanaman pada umumnya, maka diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang bisa menggunakan sistem hidroponik tersebut. Adapun bagi pemula yang masih baru mengenal sistem penanaman hidroponik ini, maka sangat disarankan bagi mereka untuk memulai sistem hidroponiknya dari sistem penanaman yang paling mudah untuk dilakukan. Adapun salah satu sistem penanaman yang paling mudah untuk dilakukan adalah sistem wick. Nah, bagi anda yang mau order sistem wick, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.