Banyak Lumut ditandon Nutrisi Hidroponik anda? pakai h202 ( hidrogen peroksida ) ini lumut, jamur, virus hilang

Banyak Lumut ditandon Nutrisi Hidroponik anda? pakai h202 ( hidrogen peroksida ) ini lumut, jamur, virus hilang

Halo teman teman @hidroponikuntuksemua sudah cukup lama tidak update materi di blog ini ya..

ALhamdulillah hari ini nulis lagi.. kali ini kita akan membahas tentang penggunaaan H2O2 pada tanaman atau biasa di sebut hidrogen peroxyda ya..

Setelah saya baca beberapa literatur tentang H2O2 ternyata banyak sekali manfaatnya..

h202

apasih H2O2 ini? menurut wikipedia

Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia dengan rumus H2O2. Dalam bentuk murninya, ia berupa cairan bening berwarna biru pucat,[5] sedikit lebih kental daripada air. Hidrogen peroksida adalah peroksida paling sederhana (senyawa dengan ikatan tunggal oksigen–oksigen). H2O2 digunakan sebagai oksidator, zat pemutih, dan antiseptik. Hidrogen peroksida pekat, atau “peroksida uji tinggi”, adalah spesies oksigen reaktif dan telah digunakan sebagai propelan roket.[6] Sifat kimianya didominasi oleh ketidakstabilan ikatan peroksidanya.

Hidrogen peroksida tidak stabil dan perlahan terurai jika terpapar cahaya. Hidrogen peroksida biasanya disimpan dengan zat penstabil dalam larutan asam lemah dalam botol berwarna gelap, karena ketidakstabilannya. Hidrogen peroksida ditemukan dalam sistem biologis termasuk tubuh manusia. Enzim yang menggunakan atau menguraikan hidrogen peroksida diklasifikasikan sebagai peroksidase. ” ( wikipedia )

salah satu manfaat h2o2 ini adalah anti mikroba yang aman dari rekomendasi FDA ( Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat )

nah dibawah ini ada beberapa manfaat H2O2 untuk tanaman hidroponik :

  1. mencegah busuk akar
  2. Pengendalian hama tanaman
  3. Perawatan pada benih sebelum ditanam
  4. Disemprotkan ke batang dan daun untuk membasmi jamur
  5. Mengobat luka atau bagian yang rusak pada tanaman

banyak kan manfaatnya?

dipasaran ada beberapa konsentrasi H2O2 yang biasa dijual.. ada yang konsentrasi 3%, 10%, 35% dan juga 50% untuk konsentrasi 3 % anda bisa dapatkan di apotek seddangkan untuk konsentrasi 10-50% anda bisa dapatkan di toko toko kimia.

Kok bisa hidrogen peroksida ini membantu tanaman sehat?  h2o2 mampu mensuplai oksigen ekstra ke akar tanaman, sehingga penyerapan nutrisi ke akar akan menjadi maksimal.. ketika tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup maka pertumbuhan akan cepat lebih sehat dan juga kuat terhadap serangan hama.

Untuk pengendalian dan pencegahan hama dan juga mencegah infeksi jamur pada benih anda bisa gunakan dosis konsentrasi hidrogen peroksida 3% sebaanyak 15-20 ml ke dalam 1 liter air.. kocor ke daerah perakaran..

Jika tanaman terindikasi busuk akar dan juga terinfeksi jamur anda bisa gunakaan dosis 60 ml / liter air.. konsentrasi 3% ya.. Untuk skala yang lebih banyak bapak ibu mas mbak bisa menggunakan konsentrasi yang 50% biar lebih hemat.. Namun jika anda menggunakan konsentrasi 50%  harap berhati hati.. encerkan dulu ke konsentrasi 3% biar lebih aman. nah gimana caranya menurunkan konsentrasi h202 50% ke 3 % ?

anda bisa gunakan rumur ini v1 x m1 = v2 x m2

misalkita mau membuat 1 liter konsentrasi 3% dari konsetrasisi 50% berapa ml yang dibutuhkan?

v1 x m1 = v2 x m2

1000×0,03 = v2 x 0,5

v2= 30 / 0,5

= 60 ml

jadi untuk membuat 1000 ml konsentrasi 3% dibutuhkan 60 ml konsentrasi hidrogen peroksida 50%

Diatas adalah penggunaan untuk di tanah ya..

untuk di air  untuk hidroponik anda bisa gunakan dosis 1/10 nya dulu sambil di lihat kondisi tanaman.. karena kalo terlalu banyak tanaman hidroponik bisa pada layu..

terima kasih

semoga bermanfaat ya..

 

 

2 Comments

  1. Terima kasih share nya sangat bermanfaat. Kepinvin sekali namun tangannya hanya 2 yg bisa digunakan utk ngurusi sekolah dan kebersihan rumah dan perabot si dalamnya jd utk hidroponik kadang terlupa. Dulu saya sdh berusaha mempraktikkan, namun terkendala dg kesibukan akhirnya semuanya bau dan rusak krn tdk terurus. Mohon kiat²nya agar dpt melakukan praktik² yg disediakan pihak tim hidroponik. Mohon maaf dan terima kasih atas perhatian dan sarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.