Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas menanam hidroponik secara sederhana yang bisa anda praktikkan sendiri dirumah. Teknik ini bertujuan agar anda yang baru mengerti hidroponik bisa langsung mengaplikasikan cara bertani hidroponik dirumah / dikebun anda.
Maka dari itu nantinya kita memerlukan bahan – bahan yang ada disekitar yang bisa kita manfaatkan. Seperti botol bekas air mineral, ember bekas dan masih banyak lainnya.

Mengenal, Apasih Hidroponik itu ??
Sebelum kita lanjut, yuk pahami konsep dasar hidroponik dulu. Pada intinya hidroponik merupakan pengembangan sistem tanam dengan menggantikan tanah dengan air untuk penyaluran nutrisinya. Jadi tanaman akan mendapat asupan makanan dari air yang telah kita campur dengan nutrisi yang sudah kita sesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Dibawah ini beberapa alasan kenapa banyak orang yang sudah menerapkan hidroponik.
1. Bertanam hidroponik terbuki hemat, karena air nutrisinya bisa kita gunakan berulang.
2. Bertanam hidroponik dapat memaksimalkan lahan terbatas karena tidak membutuhkan lahan yang luas
3. Bisa mengontrol langsung pertumbuhan tanaman bahkan bisa mengontrol pertumbuhan akar
4. Pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terkontrol
5. Terbebas dari pestisida
Beberapa tanaman yang sering ditanam secara hidroponik adalah sayur – sayuran hijau seperti selada air ( lettuce ), pakchoy, sawi, kangkung, bayam, kailan. brokoli, bunga kol, cabai, tomat dan lain – lain.

Sistem HIdroponik
Pada dasarnya ada 6 sistem hidroponik yaitu :
1. Wick Sistem
2. Rakit apung / water culture bisa juga disebut floating raft
3. EBB & FLOW-Flood and Drain atau pasang surut
4. Fertigasi / Drip Irrigation
5. NFT ( Nutrient Film Technique )
6. Aeroponik
Namun kali ini kita akan menggunakan sistem yang pertama atau Wick Sistem, sistem ihi merupakan sistem pasif, yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi ditarik ke dalam media tumbuh dari wadah nutrisi dengan sumbu, biasanya sumbu menggunakan kain flanel atau jenis bahan lain yang mudah menyerap air, kelebihannya jelas irit tidak memerlukan listrik dan tidak perlu menyiram setiap harinya.

Cara membuat sistem
1. Siapkan Botol bekas air mineral
2. Sedotan
3. Solder
4. Flanel
5. Cutter

Langkah pembuatan dan penggunaannya silahkan simak gambar di bawah ini.

Ini salah dau hasil penanaman dengan sistem botol bekas

Mau mencoba ?? Silahkan.. LANGKAH MUDAH UNTUK HASIL YANG BERLIMPAH ..

Butuh perlengkapan sistem hidroponik yang lainnya ??? misalkan rockwool, alat ukur, nutrisi dll ???

Cus hubungig cs kami :

081225091786 atun
081215773352 erfin
082300015354 anti
085742123767 lilin

atau klik disini untuk tahu perlengkapan hidroponik lainnya.

Salam semangat dan salam hijau sobat Hidroponik Untuk Semua

follow juga IG kami @hidroponikuntuksemua … selamat bertemu dipostingan berikutnya ūüôā

Peralatan dan bahan Hidroponik Sederhana

Peralatan dan bahan Hidroponik Sederhana

Saat ingin memulai bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik mungkin anda bertanya-tanya apa saja alat yang dibutuhkan dalam sistem tanam ini. Sebenarnya peralatan hidroponik dapat dibuat secara sederhana dan tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Namun jika anda ingin memulai bisnis budidaya tanaman atau membuat kebun hidroponik dengan skala yang cukup besar maka kenalilah peralatan yang dibutuhkan dalam metode hidroponik. Berikut ini adalah beberapa peralatan hidroponik yang perlu anda ketahui jika anda mau memulai menanam dengan sistem hiroponik :

  1. Netpot

netpot hidroponik

Netpot adalah istilah untuk wadah atau pot tanaman yang biasanya berukuran kecil dan berlubang. Netpot merupakan salah satu peralatan hidroponik sederhana yang sebenarnya dapat kita buat sendiri di rumah. Untuk mengganti netpot kita dapat menggunakan gelas plastik bekas air mineral atau gelas plastik yang sudah tak terpakai lagi dan kemudian dilubangi seperti netpot.  Penggunaan netpot dari gelas plastik beas air mineral lebih ekonomis dan tentunya ramah lingkungan.

2. Rockwool

rockwool media tanam

Rockwool adalah salah satu bahan yang biasa digunakan dalam metode tanam hidroponik yang berfungsi sebagai media tanam. Rockwool terbuat dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi hingga membentuk busa dan teerbentuklah rockwool. Rockwoll digemari karena sifatnya yang permanen, daya serap airnya baik dan mudah diaplikasikan.

3. pH meter

ph meter

kadar keasaman larutan nutrisi dan media tanam perlu dijaga untuk memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal. Untuk mengetahui kadar pH media tanam atau nutrisi digunakanlah pH meter.

 

4. Benih

benih bayam

Benih bisa dikategorikan sebagai peralatan yang dibutuhkan dalam metode hidroponik meskipun sebenarnya benih adalah bahan dan bukan suatu alat. Bibit tanaman hidroponik hampir sama dengan bibit tanaman untuk metode tanam lainnya. Saat ini sudah banyak produsen dan toko-toko yang menyediakan bibit tanaman khusus pertanian atau perkebunan hidroponik. Saat memeilih benih sebaiknya perhatikan sisi kualitas dan ekonomisnya terutama jika anda ingin memproduksi tanaman untuk tujuan komersil

5. Bak plastik

selain netpot dan wadah untuk menempatkan tanaman, dalam metode hidroponik sedrhana dibutuhkan wadah untuk menampung air dan nutrisi yang terlarut. Bak atau ember plastik dapat digunakan untuk keperluan tersebut. Pilihlah bak atau wadah plastik yang tidak bocor dan jangan lupa untuk membersihkannya sebelum digunakan.

6. Pipa Paralon

Tidak hanya bak atau wadah plastik saja yang dapat digunakan untuk menampung air atau nutrisi yang diperlukan tanaman dalam metode hidroponok. Pipa paralon bekas dengan ukuran yang cukup besar dapat digunakan untuk menampung air dan nutrisi hidroponik.

7. Sterofoam

Busa sterofoam biasanya digunakan untuk meletakkan netpot atau wadah tanaman dan menahannya agar posisinya tetap stabil. Biasanya dalam metode hidroponik sterofoam akan dilubangi sesuai dengan ukuran netpot atau pot tanaman yang akan dimasukkan kedalamnya.

8.sumbu panel

untuk menyalurkan nutrisi pada tanaman, dalam metode hidroponik diperlukan sumbu. Sumbu yang digunakan untuk menyalurkan nutrisi pada tanaman tersebut dapat dibuat dari kain flanel atau kain panel maupun sumbu kompor yang memiliki daya serap air yang cukup tinggi.

10. Nutrisi

nutrisi hidroponik

Nutrisi adalah salah satu peralatan yang juga dapat dikategorikan sebagai bahan dalam metode tanam hidroponik. Nutrisi yang dimaksud disini adalah formula mineral atau zat-zat hara yang telah diramu sedemikian rupa untuk menumbuhkan suatu tanaman. Biasanya nutrisi tersebut akan diberikan secara berbeda tergantung pada jenis tanaman yang ditanam. Nutrisi hidroponik dapat diperoleh di www.hidroponikuntuksemua.com/shop . Perhatikan dengan baik petunjuk penggunaan nutrisi dan pastikan anda mencampurnya dengan air bersih sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan nutrisi tersebut.

 

Peralatan hidroponik sederhana tersebut dapat dengan mudah diperoleh dan tentunya lebih mudah digunakan. Semoga bermanfaat.

jika anda membutuhkan alat bahan hidroponik anda bisa klik www.hidroponikuntuksemua.com/shop

 

 

 

 

Cara mudah memperbanyak seledri hidroponik

Cara mudah memperbanyak seledri hidroponik

Anda suka dengan Seledri?

nah tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memperbanyak sayuran seledri dengan cara vegetatif. Seledri ini kami tanam menggunakan pot self watering , simple grow dan beberapa model sistem genang.

Seledri yang sudah besar dan memiliki banyak tunas bisa dipisahkan dan ditanam pada tempat yang berbeda.

yang belum tahu apa itu self watering anda bisa lihat foto dibawah ini :

pot self watering

Diatas adalah foto pot self watering :

Alat bahan apa saja yang perlu anda siapkan untuk untuk cara memperbanyak seledri ini ;

  1. cutter
  2. rockwool
  3. hidroton
  4. pot self watering
  5. simple grow
  6. bak 8 liter dan 5 liter
  7. air
  8. nutrisi hidroponik

jika dan sudah siapkan semua alat bahan seperti diatas anda sudah bisa mulai memindah dan memotong seledri yang punya anakan banyak. silahkan lanjutkan menonton video dibawah ini :

 

Semoga tutorial diatas bermanfaat, dan buat anda yang terbantu dengan video diatas anda bisa bantu share ke teman teman anda disosial media.

Jika ada pertanyaan seputar video ini silahkan tinggalkan komentar.

Jika anda membutuhakan alat bahan hidroponik anda bisa klik www.hidroponikuntuksemua.com/shop

Cara mudah menanam kangkung hidroponik menggunakan bak berlubang

Cara mudah menanam kangkung hidroponik menggunakan bak berlubang

Buat anda yang mau memulai menanam sayuran hidroponik khususnya kangkung, anda bisa mengikuti cara ini. Cara mudah menanam kangkung. Nah seperti apa Menanam kangkung cara sederhana menggunakan bak berlubang ini :

cara menanam kangkung sederhana

Kira-kira penampakan hasilnya akan seperti foto diatas ya. Nah untuk alat bahannya seperti apa?

  1. bak berlubang ( difoto diatas yang berwarna merah )
  2. bak / nampan ( difoto diatas berwarna biru )
  3. benih kangkung
  4. nutrisi hidroponik
  5. bambu untuk menyangga bak berlubang
  6. air
  7. kain kasa ( diperlukan jika bak berlubangnya besar sehingga benih jatuh ke air, maka diperlukan kain kasa supaya benih gak jatuh ke air )
  8. Jika alat bahan seperti nutrisi hidroponik anda belum punya anda bisa membelinya di toko online kami www.hidroponikuntuksemua.com/shop

Dengan metode ini persemaian sampai pembesaran akan dilakukan di bak berlubangnya ya.. jadi langsung tancap saja. Untuk urutan fotonya anda bisa lihat di foto foto dibawah ini ya :

semai benih kangkung

tahap pertama adalah seeperti foto diatas, tebarkan benih kangkung didalam bak berlubang yang sudah diberi kain kasa. Fungsi kain kasa hanyalah untuk menahan benih supaya tidak jatuh ke air dibawahnya. Jika anda membeli bak berlubang yang bisa menahan benih kangkung tidak jatuh bisa tidak menggunakan kain kasa. Usahakan air menyentuh semua benih, namun benih jangan sampai tenggelam, karna kalo tenggelam nanti benih busuk dan gak tumbuh. dalam fase ini belum dikasih nutrisi hidroponik ya. Biasanya kangkung akan sprout atau pecah benih dalam 1-3 hari. Sebelum pecah benih biasa yang saya lakukan adalah menutup semaian dengan sesuai yang bisa menghalangi sinar matahari masuk. Setelah benih mulai pecah baru penutup dibuka.

benih kangkung

Benih sudah mulai pecah, penutup bisa dibuka dan bisa dipaparkan sinar matahari langsung minimal 4 jam dari pagi ya. jangan dari siang.

kangkung hidroponik sederhana

5-7 hari setelah semai biasanya kangkung akan seperti foto diatas, anda bisa siapkan nutrisi hidroponik untuk memberikan pada tanaman kangkung nya. cara pemberian hanya dituangkan dibak dibawah bak berlubang. Usahakan selalu cek air supaya tidak kekeringan. Anda bisa gunakan bak dengan ukuran lebih tinggi agar air lebih tahan lama.

cara menanam kangkung

Kangkung sudah bisa diberikan nutrisi hidroponik dengan konsentrasi 3ml / liter air. nanti dinaikkan sampai 5-6ml liter air/ minggu

cara mudah menanam kangkung

Foto diatas agak kekuningan daunnya karena nutrisi kurang pekat atau telat nambah nutrisi. namun tenang saja tetap bisa dilanjut tinggal ditambahkan nutrisinya.

kangkung hidroponik

Ini giani yang lagi berpose dengan kangkung , hehe

 

kangkung hidroponik sederhana

Penampakannnya

kangkung manual ponik

Kangkung sudah siap panen

kangkung4

Sudah siap panen 25-35 hss

cara menanam kangkung sederhana

Nah cara diatas adalah cara sederhana menanam kangkung hidroponik. Biasanya kalo dikami bisa kami panen berulang bisa sampai 6-10 kali baru tanaman kami ganti yang baru. Asyyik kan? tanam sekali panen ber kali kali.

selamat menanam, semoga berhasil.

jangan lupa like fp kami @hidroponikforall

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke social media yang akan ikuti. terima kasih

Cara menanam okra dengan sistem sederhana ( sistem genang )

Cara menanam okra dengan sistem sederhana ( sistem genang )

Anda sudah tanam okra dengan cara hidroponik? Nah kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menanam okra dengan sistem sederhana yaitu menggunakan sistem genang / kratky ya kalo bahasa kerennya.

Alat bahan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat sistem genang ini ?

Alat dan bahan

  1. Nutrisi hidroponik nutrisi hydrogrow
  2. benih okra
  3. air
  4. gelas ukur
  5. botol
  6. rockwool media tanam
  7. hydroton
  8. ember bekas eskrim atau ember yang lain
  9. pot
  10. cutter atau holesaw
  11. gergaji besi untuk potong rw
  12. tusuk sate / tusuk gigi

langkah awal untuk memulai menanam okra ini adalah semai, untuk semai media yang menurut kami paling mudah adalah rockwool. Siapkan rockwool scukupnya dan juga benih yang akan disemai.

semai okra dengan rockwool cara semai okra semai okra hidroponik semai dengan rockwool

Setelah semai, sambil nunggu semaian siap dipindah tanam ke sistem genang, maka kita akan membuatnya terlebih dahulu. Biasanya okra memerlukan waktu 2-3 minggu sebelum siap untuk dipindahkan. Untuk cara membuatnya anda bisa melihat foto dibawah ini :

buat ember

Nah untuk pembuatan anda bisa ikuti langkah diatas ya. pertama siapkan ember nya kemudian pot nya.. Beri lubang pot penutup kira kira pot bisa masuk namun tertahan. kira2 nanti sperti foto diatas.

Nah selanjutnya jika okra sudah siap dipindah tanamkan maka sgera lakukan pindah tanam. Sebelum pindah tanam siapkan dulu larutan nutrisinya ya.. jangan lupa gunakan hydrogrow. Diawal pindah tanam anda bisa gunakan ppm berkisar 500 ppm dulu aja. nanti dinaikkan bertahap.

pindah tanam

Setelah pindah tanam tentu saja langkah selanjutnya adalah rawat tanaman dengan penuh cinta ya.

bunga okra hidroponik

Foto diatas adalah contoh bunga okra yang mulai cantik.. bentar lagi siap panen nih.. buat teman teman yang mau memulai menanam sayuran hidroponik anda bisa beli alat bahan hidroponiknya di www.hidroponikuntuksemua.com/shop 

penampakan lengkap okra dengan sistem genang ini bisa anda lihat di video dibawah ini ya :

terima kasih sudah menonton artikel ini.

Silahkan bantu share biar banyak saudara yang tahu tentang bagaimana menanam okra hidroponik sederhana ini.

 

Cara mudah menanam hidroponik seledri di botol bekas step by step

Cara mudah menanam hidroponik seledri di botol bekas step by step

Nah sesuai janji kami di fanpage @hidroponikforall untuk membuat step by step cara mudah menanam seledri mengggunakan botol bekas air mineral. Ini akan kami buatkan ya, kira kira nanti akan seperti contoh dibawah ini untuk hasilnya. Hidroponik botol bekas bisa untuk menanam berbagai jenis sayuran yang anda sukai.

botol bekas

Seledri termasuk sayuran yang tidak mudah dalam awal menyemai, Untuk pemula yang baru belajar semai, seledri tidak direkomendasikan karena butuh waktu yang cukup lama untuk sprout. Namun tetap bisa, asal anda punya kemauan belajar.

Kalo langkahnya sebenarnya hampir sama dengan langkah menanam sayuran hidroponik itu sama.

Semai benih seledri

Yang perlu disiapkan saat semai benih seledri tentu saja benihnya..  Jika anda sudah memiliki benih anda bisa siapkan media tanamnnya. Paling mudah untuk berhidroponik adalah menggunakan media tanam rockwool.

Potong rockwool sesuai kebutuhan . ¬†biasanya kami 2,5×2,5×2,5 atau 1 slab jadi 720 potong, lubangi kisaran 2-3 mm kedalaman. siram dengan air sampai rockwool lembab, usahakan jangan terlalu lembab namun juga jangan terlalu kering. Jika sudah lembab masukkan benih seledri, 1 rw bisa dikasih sampai 20 an benih seledri.

untuk melubangi rockwool anda bia menggunakan alat seperti divideo ini :

buat sistem dari botol bekas

setelah semai anda siapkan alat bahan seperti dibawah ini dan anda bisa membuat sistemnya menggunakan botol bekas..

cara menanam seledri

 

siapkan larutan nutrisi

pindah tanam

rawat dan sayangi

tanaman seperti seledri juga membutuhkan kasih sayang, rawat dan sayangi tanaman anda ya. biar pertumbuhan optimal panen maksimal.

panen

Jika seledri sudah memasuki masa panen silahkan dipanen ya.

seledri hidroponik botol bekas

 

 

Untuk langkah langkahnya seperti diatas ya, untuk keberhasilannya tentu saja tergantung bagaimana anda merawat seledri yang anda tanam. Mau hasill optimal ya beri yang optimal seledri yang anda tanam dengan sistem sederhana ini.

Cara Menanam cabai dengan sistem sederhana metode genang

Cara Menanam cabai dengan sistem sederhana metode genang

Halo sobat HUS?? gimana kabar hari ini ?? semoga dalam keaadan baiknya. Nah kali ini saya akan menulis step by step bagaimana mulai semai sampai pindah tanam cabai menggunakan sistem sederhana yaitu sistem genang. Seperti apa penampakannya??

Nah sesuai janji kami untuk mengupload cara menanam cabai dengan sistem genang , ini kami buatkan ya.. namun sebelumnya mohon maaf jika kurang detail.. hehe.

Nah gimana sih untuk menanam cabai dengan sistem genang ini ? dibawah ini akan kami sampaikan urutannya :

  1. pemecahan benih

Untuk langkah pertama ini memang ada beberapa teknik , ada yang suka menyemai langsung di rockwool, ada yang bake sebako ada yang pake tissu dulu. Nah kali ini kami lebih memilih menggunakan tissu untuk dormansi benihnya. Jika sudah pecah benih maka ambil dari tissu dan pindahkan ke rockwool..

jadi siapkan tissu , air , tusuk gigik.. rendam benih beberapa saat setelah itu ambil benih dan taruh di tissu yang sudah dibasahi. Jangan terlalu biar benih tidak busuk dan jamuran. Setelah semua benih ditaruh di tissu kemudian masukkan dalam plastik seperti foto diabwah, setelah itu palstik ziplock di tutup. Usahakan setiap pagi atau sore dibuka penutup ziplock sambil cek apakah benih sudah ada yang pecah benih belum,, jika sudah ada bisa dipindahkan ke rockwool. cara semai cabe

cara mudah semai cabai dan tomat

Jika nanti benih sudah ada yang pecah dan keluar akar maka ambil benih yang sudah keluar akar dan masukkan ke lubang rockwool. Untuk lebih detail seperti apa  bisa tonton video dibawah ini.

2. persemaian

Untuk metode ini persemaian menggunakan rockwool ya.. untuk alternatif lain anda bisa gunakan sebako.

3. anakan semai

Hasil semaian umur 10 harian, Jika nanti anakan semai sudah berdaun sejati minimal 2 anda misa menitipkan di gully sayuran. Saya kemarin juga begitu. Nanti ketika sudah akar lumayan banyak dan dikira cabai sudah siap pindah tanam tinggal diambil saja.

semaicabai5

4. pindah tanam

Saat tanaman cabai siap pindah tanam anda perlu membuat sistemnya dulu. Untuk cara ini menggunakan box eskrim yang bulat dan yang kotak. Yang bulat isi 8 liter dan yang kotak isi 5 liter air.

nah untuk bahan yang diperlukan selain box eskrim tentu saja pot dan juga hidroton. Anda bisa lihat pada foto2 dibawah ini. Hidroton yagn bulat warna coklat.

Sebelum dimasukkan kesistem genang sebaiknya anda siapkan larutan nutrisi hidroponiknya ya. Anda bisa buka kemasan Hydrogrow anda.

cara semai cabai


4. perawatan

Rawatlah tanaman sebaik mungkin ya,, supaya nanti berbuah lebat.

semaicabai45. panen

Ketika menanam hal yang paling ditungu tunggu para pecinta hidroponik adalah panen, Nah jika cabai sudah berbuah dan sudah dalam masa panen tentu saja anda boleh memanennya.

Jika anda membutuhkan paket pemula untuk memulai menanam sayuran anda bisa hubungi 081215773352 atau 082300015354 atau  081225091786.