Cara mudah menanam kangkung hidroponik menggunakan bak berlubang

Cara mudah menanam kangkung hidroponik menggunakan bak berlubang

Buat anda yang mau memulai menanam sayuran hidroponik khususnya kangkung, anda bisa mengikuti cara ini. Cara mudah menanam kangkung. Nah seperti apa Menanam kangkung cara sederhana menggunakan bak berlubang ini :

cara menanam kangkung sederhana

Kira-kira penampakan hasilnya akan seperti foto diatas ya. Nah untuk alat bahannya seperti apa?

  1. bak berlubang ( difoto diatas yang berwarna merah )
  2. bak / nampan ( difoto diatas berwarna biru )
  3. benih kangkung
  4. nutrisi hidroponik
  5. bambu untuk menyangga bak berlubang
  6. air
  7. kain kasa ( diperlukan jika bak berlubangnya besar sehingga benih jatuh ke air, maka diperlukan kain kasa supaya benih gak jatuh ke air )
  8. Jika alat bahan seperti nutrisi hidroponik anda belum punya anda bisa membelinya di toko online kami www.hidroponikuntuksemua.com/shop

Dengan metode ini persemaian sampai pembesaran akan dilakukan di bak berlubangnya ya.. jadi langsung tancap saja. Untuk urutan fotonya anda bisa lihat di foto foto dibawah ini ya :

semai benih kangkung

tahap pertama adalah seeperti foto diatas, tebarkan benih kangkung didalam bak berlubang yang sudah diberi kain kasa. Fungsi kain kasa hanyalah untuk menahan benih supaya tidak jatuh ke air dibawahnya. Jika anda membeli bak berlubang yang bisa menahan benih kangkung tidak jatuh bisa tidak menggunakan kain kasa. Usahakan air menyentuh semua benih, namun benih jangan sampai tenggelam, karna kalo tenggelam nanti benih busuk dan gak tumbuh. dalam fase ini belum dikasih nutrisi hidroponik ya. Biasanya kangkung akan sprout atau pecah benih dalam 1-3 hari. Sebelum pecah benih biasa yang saya lakukan adalah menutup semaian dengan sesuai yang bisa menghalangi sinar matahari masuk. Setelah benih mulai pecah baru penutup dibuka.

benih kangkung

Benih sudah mulai pecah, penutup bisa dibuka dan bisa dipaparkan sinar matahari langsung minimal 4 jam dari pagi ya. jangan dari siang.

kangkung hidroponik sederhana

5-7 hari setelah semai biasanya kangkung akan seperti foto diatas, anda bisa siapkan nutrisi hidroponik untuk memberikan pada tanaman kangkung nya. cara pemberian hanya dituangkan dibak dibawah bak berlubang. Usahakan selalu cek air supaya tidak kekeringan. Anda bisa gunakan bak dengan ukuran lebih tinggi agar air lebih tahan lama.

cara menanam kangkung

Kangkung sudah bisa diberikan nutrisi hidroponik dengan konsentrasi 3ml / liter air. nanti dinaikkan sampai 5-6ml liter air/ minggu

cara mudah menanam kangkung

Foto diatas agak kekuningan daunnya karena nutrisi kurang pekat atau telat nambah nutrisi. namun tenang saja tetap bisa dilanjut tinggal ditambahkan nutrisinya.

kangkung hidroponik

Ini giani yang lagi berpose dengan kangkung , hehe

 

kangkung hidroponik sederhana

Penampakannnya

kangkung manual ponik

Kangkung sudah siap panen

kangkung4

Sudah siap panen 25-35 hss

cara menanam kangkung sederhana

Nah cara diatas adalah cara sederhana menanam kangkung hidroponik. Biasanya kalo dikami bisa kami panen berulang bisa sampai 6-10 kali baru tanaman kami ganti yang baru. Asyyik kan? tanam sekali panen ber kali kali.

selamat menanam, semoga berhasil.

jangan lupa like fp kami @hidroponikforall

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke social media yang akan ikuti. terima kasih

Cara menanam okra dengan sistem sederhana ( sistem genang )

Cara menanam okra dengan sistem sederhana ( sistem genang )

Anda sudah tanam okra dengan cara hidroponik? Nah kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menanam okra dengan sistem sederhana yaitu menggunakan sistem genang / kratky ya kalo bahasa kerennya.

Alat bahan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat sistem genang ini ?

Alat dan bahan

  1. Nutrisi hidroponik nutrisi hydrogrow
  2. benih okra
  3. air
  4. gelas ukur
  5. botol
  6. rockwool media tanam
  7. hydroton
  8. ember bekas eskrim atau ember yang lain
  9. pot
  10. cutter atau holesaw
  11. gergaji besi untuk potong rw
  12. tusuk sate / tusuk gigi

langkah awal untuk memulai menanam okra ini adalah semai, untuk semai media yang menurut kami paling mudah adalah rockwool. Siapkan rockwool scukupnya dan juga benih yang akan disemai.

semai okra dengan rockwool cara semai okra semai okra hidroponik semai dengan rockwool

Setelah semai, sambil nunggu semaian siap dipindah tanam ke sistem genang, maka kita akan membuatnya terlebih dahulu. Biasanya okra memerlukan waktu 2-3 minggu sebelum siap untuk dipindahkan. Untuk cara membuatnya anda bisa melihat foto dibawah ini :

buat ember

Nah untuk pembuatan anda bisa ikuti langkah diatas ya. pertama siapkan ember nya kemudian pot nya.. Beri lubang pot penutup kira kira pot bisa masuk namun tertahan. kira2 nanti sperti foto diatas.

Nah selanjutnya jika okra sudah siap dipindah tanamkan maka sgera lakukan pindah tanam. Sebelum pindah tanam siapkan dulu larutan nutrisinya ya.. jangan lupa gunakan hydrogrow. Diawal pindah tanam anda bisa gunakan ppm berkisar 500 ppm dulu aja. nanti dinaikkan bertahap.

pindah tanam

Setelah pindah tanam tentu saja langkah selanjutnya adalah rawat tanaman dengan penuh cinta ya.

bunga okra hidroponik

Foto diatas adalah contoh bunga okra yang mulai cantik.. bentar lagi siap panen nih.. buat teman teman yang mau memulai menanam sayuran hidroponik anda bisa beli alat bahan hidroponiknya di www.hidroponikuntuksemua.com/shop 

penampakan lengkap okra dengan sistem genang ini bisa anda lihat di video dibawah ini ya :

terima kasih sudah menonton artikel ini.

Silahkan bantu share biar banyak saudara yang tahu tentang bagaimana menanam okra hidroponik sederhana ini.

 

Cara mudah menanam hidroponik seledri di botol bekas step by step

Cara mudah menanam hidroponik seledri di botol bekas step by step

Nah sesuai janji kami di fanpage @hidroponikforall untuk membuat step by step cara mudah menanam seledri mengggunakan botol bekas air mineral. Ini akan kami buatkan ya, kira kira nanti akan seperti contoh dibawah ini untuk hasilnya. Hidroponik botol bekas bisa untuk menanam berbagai jenis sayuran yang anda sukai.

botol bekas

Seledri termasuk sayuran yang tidak mudah dalam awal menyemai, Untuk pemula yang baru belajar semai, seledri tidak direkomendasikan karena butuh waktu yang cukup lama untuk sprout. Namun tetap bisa, asal anda punya kemauan belajar.

Kalo langkahnya sebenarnya hampir sama dengan langkah menanam sayuran hidroponik itu sama.

Semai benih seledri

Yang perlu disiapkan saat semai benih seledri tentu saja benihnya..  Jika anda sudah memiliki benih anda bisa siapkan media tanamnnya. Paling mudah untuk berhidroponik adalah menggunakan media tanam rockwool.

Potong rockwool sesuai kebutuhan .  biasanya kami 2,5×2,5×2,5 atau 1 slab jadi 720 potong, lubangi kisaran 2-3 mm kedalaman. siram dengan air sampai rockwool lembab, usahakan jangan terlalu lembab namun juga jangan terlalu kering. Jika sudah lembab masukkan benih seledri, 1 rw bisa dikasih sampai 20 an benih seledri.

untuk melubangi rockwool anda bia menggunakan alat seperti divideo ini :

buat sistem dari botol bekas

setelah semai anda siapkan alat bahan seperti dibawah ini dan anda bisa membuat sistemnya menggunakan botol bekas..

cara menanam seledri

 

siapkan larutan nutrisi

pindah tanam

rawat dan sayangi

tanaman seperti seledri juga membutuhkan kasih sayang, rawat dan sayangi tanaman anda ya. biar pertumbuhan optimal panen maksimal.

panen

Jika seledri sudah memasuki masa panen silahkan dipanen ya.

seledri hidroponik botol bekas

 

 

Untuk langkah langkahnya seperti diatas ya, untuk keberhasilannya tentu saja tergantung bagaimana anda merawat seledri yang anda tanam. Mau hasill optimal ya beri yang optimal seledri yang anda tanam dengan sistem sederhana ini.

Cara Menanam cabai dengan sistem sederhana metode genang

Cara Menanam cabai dengan sistem sederhana metode genang

Halo sobat HUS?? gimana kabar hari ini ?? semoga dalam keaadan baiknya. Nah kali ini saya akan menulis step by step bagaimana mulai semai sampai pindah tanam cabai menggunakan sistem sederhana yaitu sistem genang. Seperti apa penampakannya??

Nah sesuai janji kami untuk mengupload cara menanam cabai dengan sistem genang , ini kami buatkan ya.. namun sebelumnya mohon maaf jika kurang detail.. hehe.

Nah gimana sih untuk menanam cabai dengan sistem genang ini ? dibawah ini akan kami sampaikan urutannya :

  1. pemecahan benih

Untuk langkah pertama ini memang ada beberapa teknik , ada yang suka menyemai langsung di rockwool, ada yang bake sebako ada yang pake tissu dulu. Nah kali ini kami lebih memilih menggunakan tissu untuk dormansi benihnya. Jika sudah pecah benih maka ambil dari tissu dan pindahkan ke rockwool..

jadi siapkan tissu , air , tusuk gigik.. rendam benih beberapa saat setelah itu ambil benih dan taruh di tissu yang sudah dibasahi. Jangan terlalu biar benih tidak busuk dan jamuran. Setelah semua benih ditaruh di tissu kemudian masukkan dalam plastik seperti foto diabwah, setelah itu palstik ziplock di tutup. Usahakan setiap pagi atau sore dibuka penutup ziplock sambil cek apakah benih sudah ada yang pecah benih belum,, jika sudah ada bisa dipindahkan ke rockwool. cara semai cabe

cara mudah semai cabai dan tomat

Jika nanti benih sudah ada yang pecah dan keluar akar maka ambil benih yang sudah keluar akar dan masukkan ke lubang rockwool. Untuk lebih detail seperti apa  bisa tonton video dibawah ini.

2. persemaian

Untuk metode ini persemaian menggunakan rockwool ya.. untuk alternatif lain anda bisa gunakan sebako.

3. anakan semai

Hasil semaian umur 10 harian, Jika nanti anakan semai sudah berdaun sejati minimal 2 anda misa menitipkan di gully sayuran. Saya kemarin juga begitu. Nanti ketika sudah akar lumayan banyak dan dikira cabai sudah siap pindah tanam tinggal diambil saja.

semaicabai5

4. pindah tanam

Saat tanaman cabai siap pindah tanam anda perlu membuat sistemnya dulu. Untuk cara ini menggunakan box eskrim yang bulat dan yang kotak. Yang bulat isi 8 liter dan yang kotak isi 5 liter air.

nah untuk bahan yang diperlukan selain box eskrim tentu saja pot dan juga hidroton. Anda bisa lihat pada foto2 dibawah ini. Hidroton yagn bulat warna coklat.

Sebelum dimasukkan kesistem genang sebaiknya anda siapkan larutan nutrisi hidroponiknya ya. Anda bisa buka kemasan Hydrogrow anda.

cara semai cabai


4. perawatan

Rawatlah tanaman sebaik mungkin ya,, supaya nanti berbuah lebat.

semaicabai45. panen

Ketika menanam hal yang paling ditungu tunggu para pecinta hidroponik adalah panen, Nah jika cabai sudah berbuah dan sudah dalam masa panen tentu saja anda boleh memanennya.

Jika anda membutuhkan paket pemula untuk memulai menanam sayuran anda bisa hubungi 081215773352 atau 082300015354 atau  081225091786.